Sabtu, 05 Maret 2011

Tritone Paradox, Ilusi Suara Yang Membingungkan....

seperti yg saya bilang di atas, saya akan membahas tentang Tritone Paradox ... silahkan di simak.

Mungkin anda belum mengetahui apa itu Tritone Paradox. Beberapa orang sudah mengetahuinya, dan masiih penasaran dengan ilusi suara itu.

Tritone Paradox adalah ilusi suara yang ditemukan oleh Diana Deutsch pada 1986. Anda akan mendengar sebuah nada yang berubah dari tinggi ke rendah, ataupun dari rendah ke tinggi. Anehnya, sebagian orang mendengarnya nada itu sebaliknya.

Maka, sebaiknya anda membahas blog ini berama-ramai agar anda dapat membandingkan nada apa yang anda dengar dengan teman-teman anda.

Nada inipun pernah dicap sebagai "Nada Setan" dan dilarang penggunaannya sampai era modern saat ini.
Tetapi, sekarang suara ini dapat dijelaskan secara ilmiah dan bukan suara mistis sama sekali.

Saya pun tidak percaya akan ilusi suara yang begitu aneh, maka, saya mulai mencari-cari Tritone Paradox dan suaranya.

Saya pun mendapatkan suara nada dari Tritone Paradox tersebut...


Saya mendengar 2 nada yang berbeda-beda sebanyak 4 kali. dan nada yang saya dengar adalah
1. Rendah-Tinggi
2. Rendah-Tinggi
3. Rendah-Tinggi
4. Rendah-Tinggi

Semua nada yang saya dengar berpindah dari rendah ke tinggi.

Suatu hari, saya memanggil teman saya untuk medengarkan nada Tritone Paradox tersebut. Dan setelah teman saya mendengar nada tersebut, teman saya mendengar nada itu:

1. Rendah-Tinggi
2. Rendah-Tinggi
3. Rendah-Tinggi
4. Tinggi-Rendah

Betapa kagetnya saya mendengar pernyataan teman saya. Teman saya pun tidak percaya bahwa saya mendengar nadanya dengan berbeda.

Lalu sayapun memanggil saudara saya, lalu setelah mendengar nada tersebut, saudara saya mendengar nada:

1. Tinggi-Rendah
2. Tinggi-Rendah
3. Tinggi-Rendah
4. Rendah-Tinggi

Amazing!!! Ternyata nada ini benar-benar berbeda di tiap orang-orang. Saya menyarankan agar anda mendownload nada ini dan mendengarkannya bersama-sama dengan kelompok teman anda dan membandingkan hasil-hasil suara yang didengar.

Ini Link Downloadnya : Coba dengarkan dengan Seksama

http://www.indowebster.com/Tritone_Paradox_Sample.html (4x Bunyi)
https://ccrma.stanford.edu/realsimple/mus_illus/Tritone_Paradox.html (6x Bunyi)

" Bagi saya sendiri, saya Mendengarkan Nada Ilusi ini nadanya Menjadi :
1. Tinggi Rendah..
2. Tinggi Rendah..
3. Rendah Tinggi..
4. Rendah Tinggi.. "


" tetapi selang 10 menit saya mencoba dengarkan .. suaranya menjadi :
1. Tinggi Rendah..
2. Rendah Tinggi..
3. Rendah Tinggi..
4. Tinggi Rendah.. "
Tapi Btw nadanya Serem Gan, ane ke Inget lagunya Karlmeyer yg bikin orang setelah mendengarkan lagu tsb jadi Halusinasi sendiri.. Iiiiihhhhh >,O

Tidak ada komentar:

Posting Komentar