Rabu, 13 Maret 2013

LAPORAN MAGANG KEWIRAUSAHAAN

                                          LAPORAN MAGANG KEWIRAUSAHAAN

                                 dari tanggal 09/03/2013 - 17/03/2013 (4x pertemuan - Sabtu, Minggu)

                                 tempat : 1. Warung Mie Ayam "Idola"
                                              2. Warung Jajanan "Magnum"
                                              3. Apotek Jatikramat
                                              4. warung minuman "Star Buble"

                                 Nama : Annisa Ramadhannia
                                 Kelas : X7 (sepuluh tujuh)


                                                SMAN 93 Jakarta Timur
           Jl. Raya Bogor. Komp. Paspampres KramatJati telp. 8402939, fax 87796129
                                                  Jakarta Timur 13540



ISI LAPORAN : MAGANG HARI PERTAMA (1)

Nama Usaha : Mie Ayam Idola
Nama Pemilik : Bapak Iqbal
Alamat Tempat Usaha :  Jl. Raya Duta Indah no.10 Jatimakmur - Pondok Gede (Sebelah YAN salon)
Alamat pemilik usaha :  Jl. Raya Duta Indah no.10 Jatimakmur - Pondok Gede
Sejarah Usaha :

awal mula terbentuknya warung mie ayam ini adalah saat Bpk Iqbal mengawali Usahanya dari tahun 2000 saat itu pula ia berdagang di kaki lima dengan gerobak mie ayamnya serta tidak lupa ia sempat menjual mie ayamnya di sekolah (kantin) serta di emperan pinggir gedung-gedung perkantoran. dagangan bapak iqbal selalu laku, serta banyak orang yang membeli. ini di karenakan mie ayam bpk iqbal enak dan lezat.

pada tahun 2007 bapak iqbal membuat sebuah warung mie ayam di bekasi. disitu ia tidak sendiri banyak karyawan yang turut serta membantu bapak iqbal berdagang. sampai tahun 2013 Usahanya semakin meningkat. tidak hanya sewaktu ia menjadi pedagang kakilima saja. saat ini pelanggan pun semakin banyak. di karenakan resep mie bapak iqbal tidak pernah berubah. serta aman di konsumsi

Modal Usaha : Modal Usahanya adalah Modal Usaha Sendiri.
Besar Modal : perhari bisa mencapai Rp. 500.000,-
Buka/Tutup Usahan Pukul : Buka 8.00 - Tutup 21.00 
Lama Magang : 5 Jam
hari Magang : hari Sabtu
Magang Hari Pertama : 09/03/2013, pukul : 12:30 - 16:30
berapa Jumlah Pemasukan : dalam 5 jam mengantongi sekitar Rp. 300.000,-
berapa Jumlah Pembeli : dalam 5 Jam (30 Orang)

SARAN UNTUK PEMILIK USAHA (LAMPIRAN) :
1. semoga dagangannya tambah ramai, tempatnya di perluas lagi, soalnya banyak pelanggan yang tidak dapat tempat duduk saking ramainya.
2. di anjurkan membuka/membuat cabang di berbagai wilayah. di karenakan tempat sekarang banyak pelanggan yang sedang berkunjung.

KESIMPULAN SELAMA MAGANG (LAMPIRAN) :

Selama melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL/Magang) penulis menemukan jati diri selama berada dan berinteraksi dalam lingkungan masyarakat luas.

Ternyata berinteraksi atau mengeluti dunia Usaha tidaklah mudah, ada banyak hal yang perlu kita lakukan, agar orang yang akan kita ajak untuk menjalin hubungan kerja sama dapat terkesan akan apa yang kita lakukan atau kerjakan.
tidak hanya itu untuk menarik pelanggan ke tempat Usaha kita pun tidaklah muda seperti apa yang di  bayangankan. kita harus bekerja keras bagaimana pelanggan mau berkunjung dan membeli apa yang di perjualkan.


MAGANG HARI KEDUA (2)

Nama Usaha : Toko Jajanan "Magnum"
Nama Pemilik : Ibu Nabila
Alamat tempat Usaha : Jl. Kenanga 5 no J/84 Duta Indah - Bekasi
alamat Pemilik Usaha : Jl. Kenanga 5 no J/84 Duta Indah - Bekasi

Sejarah Usaha :

Ibu Nabila memulai dunia berdagang mulai tahun 2009, awal mereka usaha adalah saat mereka membuka toko emperan di pinggir jalan selama 2 tahun 2009- pertengahan 2010 . pada tahun 2011 ia berpindah tempat menjadi dirumahnya sendiri. pada tahun 2011 sampai sekarang toko jajanannya laku dan banyak pelanggan yang membeli, karena lengkap semua peralatan kebutuhan sembako disana.

Modal Usaha : Modal Usaha Sendiri 
Besar Modal : Sehari bisa mengkantongi hingga Rp 4500,000,-
Buka/Tutup Usahan Pukul : Pukul 07.00 - 22.00 WIB
Lama Jam Magang : 5 Jam
hari Magang : Minggu
Magang hari KEDUA : 10/03/2013 pukul: 10.00 - 13.00

Berapa Jumlah pemasukan : selama 5 jam mengantongi keuntungan Rp 80,000,-
Berapa Jumlah Pembeli : selama 5 Jam - (18 Orang yang membeli)

SARAN UNTUK PEMILIK USAHA (LAMPIRAN) :
1. semoga Usahanya bisa makmur dan sukes.
2. di perlengkap lagi kebutuhan sembako nya, supaya banyak orang yang membeli.

KESIMPULAN SELAMA MAGANG (LAMPIRAN) :

Dengan adanya pemagangan penulis telah melakukan observasi langsung dan dapat mengambil kesimpulan, berupa :

1. Selama ada warung Jajanan di dekat komp. perumahan. warga menjadi lebih mudah untuk mebali kebutuhan sembakonya.
2. tidak hanya itu walaupun pemasukan barang barang dari warung itu sedikit terkadang pembeli/pelanggan menjadi enggan membeli di tempat itu.



MAGANG HARI KE TIGA (3) :

Nama Usaha : Apotek Jatikramat
Nama Pemilik : Ibu Wati
Alamat Usaha : Jl. Jatikramat Blok A/no.12 Jatikramat - Pondok Gede
Alamat Pemilik Usaha : Perum. Duta Indah blok A1 No.10 Jatimakmur - Pondok Gede
Sejarah Usaha :

Ibu Wakti memulai berjualan obat semenjak tahun 2005, ia menjadi karyawan di apotik terdekat Rumahnya, pada tahun 2007, ibu wati berinisiatif membuka toko obat di Jatikramat, ada lahan miliknya. sebelumnya lahan itua dalahmilik orang, karena orang itu sudah tidak mempergunakan kembali lahannya, Ibu wati membelinya, lahan itu sekitar 5 Hektar. pada tahun pertengahan 2007 barulah ibu wati mebangun sebuah bangunan. setelah bangunan itu jadi, berapa tahun kemudian sekitar tahun 2008 barulah Usaha nya di mulai saat itu juga. karena obat yang yang berada di apotek itu sangat banyak, banyak pelanggan yang membeli obat di toko tersebut.

Modal Usaha : Modal Sendiri.
Besar Modal : Sehari bisa mengantongi sekitar Rp. 1,500.000,-
Tutup Buka Pukul : 09.00 - 20.00 WIB
Lama Jam Magang : 5 Jam
Hari Magang : Sabtu
Magang hari Ketiga : 16/03/2013 pukul : 13.00 - 17.00 WIB
Jumlah pemasukan : dalam 5 jam  bisa mengantongi sekitar Rp. 700.000,-
Jumlah Pembeli : 5 jam ( 35 orang)

SARAN UNTUK PEMILIK USAHA :
1. semoga apa yang di jual menjadi berkah untuk para pembeli yang terkena penyakit.
2. kalau bisa turunkan harga obatnya, jangan terlalu mahal .
3. makin makmur dan sukses sejahtera .

KESIMPULAN YANG DI AMBIL SELAMA MAGANG :

Dengan adanya pemagangan penulis telah melakukan observasi langsung dan dapat mengambil kesimpulan berupa :
1. Apotek Jatimakmur adalah perusahaan Obat yang telah diakui keberadaannya di kota ...
2. Pemasaran hasil produksi sudah mencapai berbagai wilayah Jakarta
3. Semangat dan kreatifitas para pejabat maupun karyawan sangat besar demi mendapatkan hasil yang maksimal


MAGANG DI HARI KE EMPAT (4)

Nama Usaha : warung minuman " STAR BUBLE "
Nama Pemilik : Ibu Amalia
Alamat tempat Usaha : Jl. teratai Raya blok G/85 Jatikmamur - Pondok Gede
Sejarah Usaha :

ibu Amalia mengawali usaha nya pada tahun 2009, saat itu ia ikut temannya berdagang Pop Ice di pinggir jalan, karena setiap jumlah pelanggan kian hari kian bertambah. mereka sempat pindah tempat tetapi bukan di pinggir jalan. mereka menyewa tempat ruko di daerah Jatikramat. karena ibu Amalia ingin seperti temannya yang sukses ia berinisiatif membuat sebuah usaha sendiri. tetapi kali ini ia tidak namakan Pop Ice seperti temannya, kali ini ia menamakan STAR BUBLE, pada tahun 2010 ia memulai berdagang sendiri, dan tentunya tidak kalah hebat dnegan temanny. kali ini ibu Amalia membuka cabang di berbagai wilayang di Jakarta. sampai sekarang bisnisnya sellau sukses .

Modal Usaha : Modal Sendiri
Besar Modal : sehari bisa mengantongi sekitar Rp. 400,000,-
Tutup Buka usaha : 11.00 - 21.00 WIB
Lama jam Magang : 5 Jam
hari Magang : Minggu
Magang hari Ke Empat : 17/03/2013 pukul : 15.00 - 19.00 WIB
Berapa Jumlah pemasukan : dalam 5 jam mengantongi Rp 100.000,-
Berapa Jumlah pelanggan : dalam 5 jam 30 orang

SARAN UNTUK PEMILIK USAHA :
1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas produk industri
2. Meningkatkan kesejahteraan seluruh karyawan yang terlibat langsung dalam proses produksi tersebut
3. Meningkatkan kerja sama dan keterbukaan antar maup

KESIMPULAN SELAMA MAGANG :
 
Selama berada didunia Usaha orang lain,kita harus pandai-pandai menempatkan diri kita .Pihak dunia industri tentunya akan senang apabila kita menunjukkan sikap yang baik.Oleh sebab itu,kita harus menunjukkn tinggkah laku yang sopan,menjaga ddisiplin dan berkerja dengan rajin sesuai kemampuan lita memiliki.apabila sikap dan prestasi kerja kita cukup baik,bukan tidak mungkin pihak dunia industri akan berniat untuk menjadikan kita karyawan tetapi jika kita sydah lulus nanti.Hal ini tentunya merupakan suatu keuntungan bagi siswa yang berminat.
 
Secara tidak langsungn,kegiatan praktik industri merupakn suatu latihan bagi siswa untuk dapat bertanggung jawab ,disiplin dan jujur .apabila melakukan sesuatu kesalahan,maka hendaknya kita terus terang dan berupa untuk memperbaiki kesalahan tersubut.Walaupun kita tidak diawasi oleh pihak sekolahmkita harus menjaga disiplin diri dalam berkerja.
 
 
SELESAI .

Jumat, 25 Januari 2013

PALANG MERAH REMAJA (PMR SMAN 93)



Hallo… apa kabar nya nih kalian?? Baru ada ide buat nulis lagi nih… hehehe.
oiyaa, kali ini aku ingin cerita apa kegiatan ku di PMR (Palang Merah Remaja) di Sekolah ku. Aku sangat senang sama kegiatan ini dari dulu… dan susah, senang, sedihnya aku berada di sana.

Sedikit ulasan tentang PMI/PMR…
apa sih yang kalian tau tentang PMI/PMR (Palang Merah Indonesia/Palang Merah Remaja) ?? apa sih perbedaan nya? Apa Cuma nama saja, atau kegiatannya?? Pasti yang pernah ikut PMR atau sudah menjadi Anggota PMI pasti tau deh.. hehehe,  Okee bagi yang belum mengetahui  saya aka jelaskan satu persatu.

PMI itu adalah singkatan dari “Palang Merah Indonesia”. sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang Sosial Kemanusiaan.
PMI selalu berpegang teguh pada 7 prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan sabit merah (the basic principles of the International Red Cross and Red Crescent) yaitu kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan, dan kesemestaan. Sampai saat ini PMI telah berada di 33 PMI Daerah (tingkat provinsi) dan sekitar 408 PMI Cabang (tingkat kota/kabupaten) di seluruh Indonesia. mereka mempunyai Anggota yang di sebut “Korps Suka Rela” atau yang sering di sebut KSR. Palang Merah Indonesia tidak berpihak pada golongan politik, ras, suku ataupun agama tertentu. Palang Merah Indonesia dalam pelaksanaannya juga tidak melakukan pembedaan tetapi mengutamakan objek korban yang paling membutuhkan pertolongan segera untuk keselamatan jiwanya.


PMR itu adalah singkatan dari “Palang Merah Remaja” ini adalah wadah pembinaan dan pengembangan Anggota Remaja yang dilaksanakan oleh Palang Merah Indonesia. Terdapat di tiap tingkatan PMI diseluruh Indonesia dengan anggota lebih dari 5 juta orang. Anggota PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan Kegiatan-kegiatan Kemanusiaan dibidang Kesehatan dan Siaga Bencana, mempromosikan Prinsip-Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI.
Disini PMR lebih ke arah pendidikan dan Pelatihan.  Salah satu kegiatannya adalah :
1. PENDIDIKAN dan PELATIHAN PMR
2. PELANTIKAN PMR (dilaksanakan di setiap kecamatan2 tertentu)
3. JUMBARA (Jumpa Bhakti Gembira)
4. dll .
Tingkatan PMR Di Indonesia dikenal ada 3 tingkatan PMR sesuai dengan jenjang pendidikan atau usianya
  1. PMR Mula adalah PMR dengan tingkatan setara pelajar Sekolah Dasar (10-12 tahun). Warna syal/slayer Hijau
  2. PMR Madya adalah PMR dengan tingkatan setara pelajar Sekolah Menengah Pertama (12-15 tahun). Warna syal/slayer Biru Langit
  3. PMR Wira adalah PMR dengan tingkatan setara pelajar Sekolah Menengah Atas (15-17 tahun). Warna syal/slayer Kuning cerah
Oiyaa sorry nih kepanjangan maklum, aku kalau jelasin sesuatu pasti terlalu panjang, kadang hampir tersingkat2 pun masih tetep panjang. Yang pasti apapun yang kalian baca kalian sudah mengerti kan? apa itu PMI atau PMR? Hehehe…

ini cerita mengenai kegiatan PMR di sekolah ku. Awal masuk PMR, mikir.. ah pengen coba2 sih, abis bosen dengan eskul olahraga yang kegiatannya Cuma itu2 saja. Aku berpikir aku ambil eskul yang tidak bikin capek, tapi banyak manfaat Ilmu yang terkandung di dalamnya.. yaps, PMR. Seperti yang aku katakan sebelumnya, PMR sebuah organisasi yang bergerak di bidang Sosial dan Kemanusiaan. Agak gengsi sih sebelumnya, habis sewaktu SMP pernah mengikuti PMR cuman PMR di SMP ku tidak terlalu aktif, sempet kaget.. kegiatan PMR begini. Bener2 kejutan! Hahaha… tapi tidak mengapa, saya lebih menyukai tantangan. Materi di PMR ga terlalu berat2 sih, kita ga di suruh ngitung2 angka kok.. di sini yang di utamakan kedisplinan, teliti, sama kecerdasan menghafal sesuatu saja. kebanyakan anak PMR selepas lulus dari SMA banyak yang melanjutkan jenjang ke Perguruan Tinggi Jurusan Ke-Dokteran/Ke-Perawatan. Seperti sama halnya PMR di sekolah ku, alumni2 PMR di sekolah ku banyak yang melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi dengan Jurusan Kesehatan, ada yang Kedokteran, Keperawatan, Farmasi dll.. *ini anak IPA banget yaa.. heeheehee.. *

Awal mula aku masuk PMR di SMAN 93 itu karena apa?
aku masuk PMR di SMAN 93 karena tertarik aja dalam bidang ini, sebab bener2 bagus banget.. bermanfaat juga bagi yang mencintai / menekuni dunia Kesehatan. Saat Demo Eskul di sekolahku ngga ada Eskul yang bisa menarik perhatianku, hanya PMR .. PMR berhasil menarik perhatianku saat itu, ciyeee.. saat mereka meragakan di Demo Eskul, mereka melakukan PP (Pertolongan Pertama+Pembidaian pada Patah Tulang) dan Pemasangan Tandu- yang di lakukan 2 orang. Bermula di awal cerita si korban kecelakaan, lalu Tim kesehatan segera menolong si Korban tersebut. Langsung setelah Demo Eskul PMR itu selesai, aku langsung cari stan dimana PMR itu kumpul ternyata tempatnya sungguh gelap yaa di depan UKS, UKS 93 cukup terbilang jauh, dan jarang terlihat.. sewaktu itu aku cari-cari sampai pusing, ternyata dan akirnya bertemu juga.. kakaknya baik-baik. Mereka langsung mengasih formulirnya, sebelumnya aku di pertanyakan dulu dari SMP mana, Tinggal di mana, dsb. Hahahaha lucu yaa mereka. Tidak hanya itu, siapa bilang anak PMR ngga gaul, kuper? Dsb? Disini di PMR khususnya, kita ada materi Dance4life juga, melatih kekreatifan anggota PMR di dalam bidang seni bermusik dan menari. 

Setelah sekian lama bergabung di PMR 93 dari PMI mengadakan seperti acara Pelantikan PMR Resmi di cibubur selama 2 hari semalam. Seru, asik, dan cape bercampur jadi satu. Kami tidur beralaskan tenda, saat itu cuaca sedang tidak mendukung sama sekali, akibatnya hujan terus. Jadi sekian jam kita berdiam diri di Tenda. Akhirnya terlarut dalam tidur hahahahaaa…. Tiba2 di bangunin sama KSR PMI suruh buat parit di sekitar tenda.. hadoh.. tapi gapapa kita basah2an keluar, untung ngga pada sakit, ini mencirikan kalau anak PMR itu stroooonnnngggg. !!!! *duhilaah apa ini* .
Saya Banyak belajar dari PMR mulai itu kebersamaan, kekeluargaan dll… sampai yang Egois2 nya juga ikut2an .. hahahaha, kita jujur kita disini termasuk anggota PMR paling heboh, buktinya di Pelantikan PMR Resmi di cibubur disuruh joget, kita joget semua.. sampai sampai alumni nya ikut bergoyang semua.. rada-rada emang. Hahahahaha…..
Intinya saya senang kok masuk PMR SMAN 93, saya bener2 dapet sebuah keluarga baru disini, kekompakannya terjaga banget. Sampai2 pernah ada kejadian DU (Dapur Umum) di PMI buat para korban bencana, kita anggota PMR disuruh ikut Bantu.. cuman sayangnya di anggota kami ada salah satu yg tidak bisa mengikuti, jadi pergi ke cabang PMI pun batal hari itu. Terpaksa ketua sama humas,bendahara lah yang pergi, walaupun itu terpaksa… sebenarnya mereka juga pengalaman pertama di hari itu untuk DU.
Disini saya juga ingin kasih tau kalian siapa aja struktur Organisasi PMR di SMAN 93, berikut cuplikannya …

1. Indah Dewi P (KETUA PMR 93) Class: 11 IPS 3.





Ini Ketua paling heboh diantara kami ber-7 mungkin dia adalah bibit keheboh.an PMR angkatan sekarang. Yaa.. begitulah ceritanya, dia paling Rajin, paling ngga bisa ngaret. Paling cerewet, sampai kita sebut dia tuh Emaknya PMR 93 .. baiknya ampun2.an. paling Anggun di PMR 93. di kelas dia anaknya Pendiem, otak dewa, Rank. 1 terus, dia anak IPS tapi ngerti soal IPA anak kelas 11. dulu di PMR dia jabatannya Wakil,karena dulu si Ketua ngga aktif, makanay Sertijab Ketua di Turunkan ke Indah… hehehehe… karena Indah yang paling aktif di PMR.

2. Annisa Ramadhannia (WAKIL KETUA PMR 93) Class: 10 – 7 






Ini anak pemilik akun resmi PMR SMAN 93.. follow yaa @PMRSMAN_93 daaaaannn Nah ini gue.. hehehe… gue ngga bisa ceritain apa yg ada di dalam diri gue. Kalian yang menilai, sampai sekarang gue heran kenapa gue di pilih menjadi Wakil ketua PMR .. seriuss deh. Bingung ajee.. Tapi gpp terima kasih kak Indah atas Sertijab nya.. J


3. Anugrah Ayu Rizki L. (SEKRETARIS PMR 93) Class: 11 IPA 2





Kecil, imut, lucu… nah ini Sekretaris PMR 93 yang baru, Galauers sejati #eh. Sama kyk Indah, dia kalau di kelas katanya pendiam. Merhatiin guru sedang jelasin. Kadang kalau anak anak PMR 93 sedang sedih, tiba tiba dia muncul buat lelucon konyol yang bikin ketawa ngakak.. ngga ngerti apa maksud dia, kadang2 suka ngelakuin hal aneh yg bikin ngundang tertawa.. di nanya, malah dia yg jawab. Hahahahahahaaaaa… ini anak unik banget deh..

4. Vinny L Ramadhanty ( BENDAHARA PMR 93 ) Class: 10 – 6
  

Ini anak mungkin bibit keheboan para PMR kelas 10 kali yaa.. setiap ada dia, yang tadi suasana sepi, ada ini anak jadi berubah heboh.. ini ciyusss lho.. hahahaha,, ini anak kadang2 suka nempel ama siapa aja. Mau itu sahabatnya, temennya dll.. anak ini baik banget. Dia juga kalau ada acara2 PMR di sekolah pasti dia sama saya berangkat bareng.. anak ini aktif banget di kategori panitia2 resmi, kadang kalau PMR kehabisan akal buat bikin proposal ini anak langsung dapet aja ide nya.. dan itu simple ga terlalu susah. Intinya anak ini unik deh..

5. Irna N. Prijiyanti (HUMAS PMR 93) Class: 11 IPA 3

Ini anak paling di bully di PMR 93, dia solmed saya di specialis Tandu. Dulu anak ini Mantan Sekretaris PMR di 93, mungkin gara2 Sertijab, dia sekarang ada di Jabatan HUMAS . dia baik. Penyabar bangeet dalam situasi apapun.. anaknya sopan, enak di ajak ngobrol.. lucu nya ga ketolongan. Sama kayak Indah setia banget sama PMR.  
"Sejiwa sehati setanah bangsa sehidup semati cintanya di PMR tdk ada yang lain". #kutipan

6. Pniel Shena K (                                         ) Class 10 – 6


Ini adalah sahabat deketnya Vinny, nempel terus ga pernah pisah, pisah paling kalau ada lagi masalah, berapa jam kemudian nempel lagi, ibaratkan tutup botol sama botolnya. Hahahaha.. dia sama Vinny ini pencetus keheboan para PMR kelas 10, ga ada lo ga rame #kutipan ke 2 untuk mereka.. paling tau dari yang pernah ada. Anaknya perhatian banget.. Pengetahuan luas banget. Calon mahasiswi HI katanya.. (Hub. International) amiin deh… J

7. Dinda Rulistia (                                         ) Class 10 -6


Sama seperti Pniel dan Vinny, ini anak juga masuk termasuk paling deket, agak sedikit manja.. anaknya baik, dia nothing sih, tapi dia salah satu anak terimut dari bertiga anak 3 kurcaci ini.. penggemar JKT48 setiap kemana2 slalu nnyanyi “aitakata, aitakata, aitakata. Yesss”

8. Shara Puspitasari ( SEKSI KEBERSIHAN PMR 93 ) Class 10 -7


Ini saudara nya kak Ayu, sekelas sama gue.. shock kalau dia saudara nya kak Ayu. Hahaha.. punya kakak dari kelas 12 sampe kelas 11 IPA semua lagi, buseeh bagi keluarganya mungkin ini sekolah udah termasuk sekolah 7 Turunan kali yaa. Kakak adek saudara pada sekolah di 93 semua.. anaknya baik, bangeet.. selalu temenin gue kemanapun gue pergi, anaknya chubby. Nyambung di ajak ngobrol apa aja.. wkwkwkwkwk..

Nah itu para Masyarakat2 Org. di PMR 93 Angkatan tahun Ini.
 
Nggak kelupaan ini ada beberapa Alumni dari angkatan th. 1991-2012 yang mengikuti PMR WIRA SMAN 93. 

 
                                                 Kak' Judi Mulia aka Judi Chung (Alumni PMR 93 th. 1993)

                                              Kak' Ario aka Ario Keling (Alumni PMR 93 th 1991)


                                    Kak' Lukiswara Setya Palupi aka Upi (Alumni PMR 93 th. 2005)


                                              Kak' Tri Mulyani (Alumni PMR 93 th. 2005)

                                           Kak' Dewi Sri Wahyuni Prayitno (Alumni PMR 93 th. 2011)

                                      Kak' Lelly Nurlaili aka Lelly Lele (Alumni PMR 93 th. 2012)

                                          Kak' Kintan Lestari (Alumni PMR 93 th. 2012)

yaaaa sobat cukup segini dulu yaaa.. sebenernya Alumni masih banyak lagi. tapi aku ngambilnya satu dari  perwakilan dari Angkatan mereka,,... hihihihiiii tetep dari jaman dulu PMR emang selalu di minati. pun yang ikut manis2 hahaha jadi 7 turunan sampe cucu-cucu PMR thn Angkatan 2013... sooo!! PMR JAKARTA TIMUR JAYA !!









Selasa, 04 Desember 2012

THE SMELL's




Ini cerita tentang seorang gadis yang memiliki kelebihan aneh. Kita sebut saja namanya Alya. Gadis asal Bali ini berparas sangat cantik. Kalau artis, mungkin dia mirip Laura Basuki kali, ya (seandainya kisah ini di filmkan gue harap sih, doi yang meranin. Eaaa … mimpi bedebah)

Alya ini kuliah si sebuah universitas di Jakarta Fakultas kedokteran semester terakhir. keinginannya yang kuat untuk menjadi seorang Koki, memang mendorong Alya tekun untuk menyelesaikan kuliahnya tepat waktu. Dia enggak pernah pacaran dan jarang sekali bergaul. Kerjaannya sehari hari Cuma belajar dan belajar. Masalahnya, sejak kapan jadi Koki harus kuliah di Kedokteran? Haha itu bukan urusan kita, suka suka dia sajalah, yah….

Selama hampir empat tahun Alya menetap di Jakarta. Selama itu juga dia tinggal di sebuah apartemen mewah milik tante nya. Sendirian, enggak ada yang menemani. Tapi sahabat baiknya April, sering numpang menginap di situ. Di Jakarta, April memang satu satunya orang yang paling dekat sama Alya.

Mereka itu Ibarat botol sama tutupnya, selalu nempel. Kemana mana selalu berdua, engga pernah terpisah. Kalau terpisah pun enggak akan lama, sebentar kemudian pasti nemplok lagi. Begitulah botol, eh, Alya dan April.

Terus, kenapa cermis kali ini dikasih judul “The Smells”? artinya aroma, dong? Nah, itu dia. Sejak Alya pertama kali belajar membedah mayat seseorang duaan tahun lalu, Alya jadi sering mengalami sesuatu yang aneh. Mungkin bisa di bilang kelebihan. Tapi, buat Alya ini adalah kutukan. Gimana enggak, Alya bisa mencium bau kematian seseorang. Camkan!

Bau di sini adalah bau dalam arti yang sebenarnya, loh. Alya benar benar bisa mencium bau menyengat dari tubuh seseorang yang akan mati. Bau yang cuma bisa di endus oleh penciuman Alya. Baunya sangat menuusuk hidung. Lebih busuk dari bau bangkai manusia yang tergolek berminggu –minggu (meskipun enggak lebih busuk dari koruptor)


Alya bisa tahu bahwa nyawa seseorang akan diambil begitu dia mencium bau busuk itu keluar dari tubuh orang yang bersangkutan. Bau yang sangat khas. Penegasan.

Pernah suatu ketika Alya mencium bau busuk yang sama tiba-tiba menyeruak memenuhi kamar apartemennya. Bau itu sangat menyengaaaatt!!! Dia terbangin dari tidur siangnya karena aroma itu membuat napasnya sesak. Kebetulan dia engga lagi ditemani April.

Meskipun ini bukan pengalaman pertamanya mencium kematian, Alya tetap kaget. Di apartemennya engga ada orang sama sekali selain dia. Alya berusaha memastikan diri kalau bau busuk itu enggak keluar dari tubuhnya. Sesaat Alya menarik napas lega.
”Apriiillll!! Lo di sini?!” teriak Alya spontan.

Iyalah. Siapa lagi orang yang dia duga kalau bukan belahan jiwanya itu. Cuma April yang menyinpan kunci Duplikat Apartemennya. Lagi pula, April itu emang orangnya suka iseng. Sering kali dia menggoda Alya kalau melihatnya lagi murung. April memang sangat solid. Enggak ada orang yang bisa mengerti keadaan Alya selain dia. Itulah kenapa Alya sangat menyayanginya. Dan sekarang, jantung Alya sedang berdegup kencang mengingat takut terjadi apa-apa sama April.

Alya benar benar berharap sahabatnya enggap ada di apartemennya. Dia engga akan rela kalau sampai bau busuk itu keluar dari tubuh April. Kalau sampai terjadi, tahu, dong. Artinya? Lap keringeet….

syukurlah memamng bukan April, guys… saking paniknya, Alya langsung menelpon April untuk memastikan keberadaannya. Ternyata April amsih di rumahnya, lagi bersiap-siap menjemput Alya. Alya menarik napas lega di balik sapu tangan yang menutupi hidungnya.

Lalu, tiba- tiba….

SRUUUUUUTTT…. GRUSSSSAAAAKKK….. BLAAARRR!!!

Alya mendengar suara benda jatuh terbanting . suaranya sanggat memekakkan telinga. Sangat keras! Alya terperanjat. Secepat kilat dia mendekati arah duara itu. Alya berlalri kearah balkon dan, benar saja seperti apa yang di duganya!

Dua seorang petugas yg sedang mengecat dinding apartemen, terperosok bersams gondola yg dinaiki mereka. Mereka terjatuh dari ketinggian 11 lantai, tepat lokasi Alya berdiri sekarang. Alya melongo mulutnya menganga. Matanya terbelalak menatap kondisi mereka. Pantas saja bau yang dia cium lebih menyengat dari biasanya, ternyata korbannya lebih dari satu orang.

Alya semakin mengerti sekarang.semakin banyak nyawa orang yang akan diambil makan semakin menyengat bau yang di ciumnya. Mata Alya berkaca-kaca menahan sedih pikirannya berkecamuk.

Itu salah satu pengalaman mencekam yang pernah menimpa Alya. Mau lagi mendengar pengalaman mengerikan Alya lainnya? Eberikuuutt liputannyaaaa…..!

Alya enggak pernah lupa, ada beberapa banyak kematian yang pernah diciumnya. Semuanya selalu membuatnya shock, ini yang selalu membuatnya murung dan Alya enggak pernah menceritakan sama siapa pun, Termasuk April.

Termasuk ketika dia mencium bau bangkai yang semerbak dari tubuh pacaranya April. Yak. 6 bulan yang lalu , Roy pacaranya April meninggal dunia pada usia muda.


Roy memang pesakitan. Selama hampir 2 tahun dia mengidap tumor ganas di kepalanya (kanker otak). Saat Roy diopname. April mengajak Alya menjenguk pacaranya itu. Dengan sukacita, April mengabarkan kondisi Roy udah membaik. Dia ingin berbagi kebahagiaan bersama ALya, makanya dia mengajak Sooulmate-nya itu untuk menemui Roy, pacar yang sangat dicintainya. Alya tahu itu.

Tapi, Alya memulai lagi mimpi buruk itu. Alangkah terkejutnya dia, saat memasuki ruang perawatan Roy, dia kembali mencium aroma mematikan itu. Jelas! Bau itu keluar dari tubuh Roy. Alya menahan napasnya.

Ini aneh. Padahal, Roy baru saja di pindahkan dari ruang ICU karena kondisinya sudah stabil. Wajah Roy pun terlihat lebih segar. Beberapa kali Alya pikirkan perasaan April. Dia tentu akan merasa terpukul atas kehilangan Roy. Kasian April, batin Alya. Secara Refleks, Alya meraih tangan April dan menggenggamnya kuat kuat. April tersenyum penuh arti. Sementara mata Alya malah berkaca kaca. Dia engga sanggup membayangkan duka yang akan dialami sahabatnya satu-satunya itu.

Yang Alya takutkan pun seperti biasa, terjadi!! Roy tiba-tiba berteriak, kedua tangannya mencengkram kepalanya. Dia seperti menahan rasa sakit yang tak terkira. Tubuhnya meregang. Otot-ototnya kaku. Napasnya tercekat. Roy… pun. Mati.

2.

Lokasi: kampus. Pukul 2.30 siang. Present day ….

“Al, entar malam kita mau berangat bareng engga ke acara ulathnya Erik?” tanya April.

”Enggak usah, pril. Restonya, kan jauh. Entar elo muter-muter lagi”

“Enggak apa-apa kali, Al. perasaan gue enggak enak, nih, kalo ngebiarin elo berangkat sendiri.” Tukas April lagi.

“IIIiiiiiiiiiiyyy, cayang, kok, kamu baik banget ciii….. pokoknya enggak usah. Oke!” Jawab Alya sambil menyubit pipi April yang terlihat agak tembem.

Begitulah keakraban mereka. Kemesraannya udah kayak huruf U sama I. di keyboard, mereka, kan, berdampingan, U dan I always together, side by side forever ….. Eaaaaa….

Erik ini adalah teman kampus mereka. Dia mengundang 3 puluh orang temannya buat ngerayain ulathnya yang ke- 22 di sebuah Restoran.

3.

Malam harinya.

Sekitar pukul 6.45 petang. Alya udah siap berangkat. Dia udah nyiapkan penampilan terbaiknya. Gayanya nyentil mampus. Kecenya bengis abis. Cantiknya terkapar-kapar. Seperti yang udah direncanakan, Alya berangkat sendiri mengendarai mobil pick up kesayangannya. Aih, ngeek banget yak, masa mobil pick up. Memangnya dia tukang kuli antar apa? Kita ganti aja deh, jadi mobil Honda City.

Satu jam kemudian Alya tiba di TKP. Enggak tahulah apa nama restorannya. Yang jelas, ini tempatnya cozy abis. Erik sengaja menyewa ruangan khusus buat ngerayain acaranya.

Alya datang memang agak telat, guys. Semua teman teman ampusnya udah berumpul. Dengan anggunnya, Alya memasuki ruangan mewah itu. Tapi, langkah Alya tiba-tiba terhenti karena merasakan sesuatu yang sudah enggak asing lagi di penciumannya. Alya terperanjat bukan kepalang!

YAK, BAU MEMATIKAN YANG TERKUTUK ITU DATANG LAGI!

Aura cantik Alya lenyap seketika menahan bau busu yang lebih menyengat dari biasanya. Sangat menyengat. Lebih menyengat dari bau yang dia cium saat melihat kematian petugas di apartemen dulu!

Secara spontan, Ayu menutup hidungnya dengan sapu tangan yang di bawanya. Mukanya terlihat pucat. Kaki Alya gemeteran. Hampir saja dia roboh kalau saja Erik enggak menahannya

“Hei, kamu kenapa, Al? kayak orang ketakutan begitu” sapa Erik.

Alya berdiri terpana. Matanya memandang ke seluruh penjuru ruangan. Napasnya menderu. Dia menatap satu persatu kawannya yang ada disitu.

”Hey!! Alyaaaa…… “ Erik menegurnya. Dia heran melihat eskpresi wajahnya Alya yang terlihat Panik

“Oh.. eh…. Ummmm… Aku engga apa apa, ok, rik, o,iya selamat Ulang Tahun yaa.” Jawab dengan suara terbata. Alya engga Cuma menyelamai Erik, tapi dia juga memeluknya. Lalu menciumi baju erik dengan gelagat yang membuat Erik heran. Erik tahu banget kepribadian Alya. Dia buan tipe orang yang sembarangan memeluk Pria. Tapi, dia senang. Sih, karena sebenarnya dia udah lama memendam perasaan sama Alya. Cieee….

Kasihan Erik, ya, dia terlalu ge-er guys. Padahal, kita tahu, Alya melakuan itu karena Cuma itu satu satunya trik buat membaui tubuhnya, Alya mau memastikan keluar dari tubuh siapa bau busuk yang mematikan itu. Hasilnya bukan dari tubuh Erik.

“Eh, sorry ya, guys . aku terlambat nih…” sambung Alya penuh semangat. Ternyata bukan Cuma Erik yang dipeluk. Melainkan semua kawan kawan yanga da di situ pun enggak lepas dari rangkulan Alya. Semua orang memanadangi perilau Alya dengan Takjub. Orang yang dikenal kalem ternyata berjiwa social juga, pikir mereka.

Lain lagi sama apa yang dipikiran Alya. Perasaannya enggak menentu. Dia belum bisa menemukan sumber bau itu. Semua tubuh kawan-kawannya sudah dia baui satu persatu, tapi bau itu enggak keluar dari tubuh mereka.

Lalu, siapa? Semua teman-temannya sudah berkumpul. kalau bukan salah seorang diantara mereka, lalu salah siapa? Salah gue? Salah teman-teman gue? Atau, salah bisul selingkuhan nenek gue? (kacau …. Ini gimana mau serem kalau ngebangkai melulu) apa pelayan Restoran yang berada disini? Atau bahkan semua orang yang berada disini? Ah … Alya membuang jauh pikiran buruknya.

Alya terlihat semakin tegang. Dia enggak bisa berkosentrasi. Jantungnya berdebar hebat. Kali ini, Alya benar benar harus melakukan sesuatu.

Alya bertekad enggak membiarkan sesuatu terjadi kepada  teman temannya. Kutuan yang dia punya seharusnya bisa menyelamatkan nyawa orang, bukan membiarkannya selama ini dia merasa terlalu pasrah. Enggak, kali ini Alya engga akan diam saja. Dia harus menemukan sumber bau busuk Itu! Tekadnya.

Alya enggak bisa berfikir jernih. Kosentrasinya buyar. Dia sama sekali enggak bisa menikmati suasana malam itu. Alya beranjak dari tempat duduknya. Dia bergegas ke toilet.

Di toilet, Alya berfikir keras. Matanya menatap tajam kea rah cermin, seprti pion catur, dimana raja sedang diadang menteri sama benteng lawan dari segala arah, Alya benar-benar mati langkah. Dia enggak tahu apa yang harus dia lakukan. Alya menarik napas panjang. Jantungnya masih berdebar.

“Alya? Ngapain lo disini? Sapa seseorang, Alya tersentak dan menengok kearah suara.

“Astaga, April! Elo bikin gue antungan aja, aha!” ya, guys.. ternyata itu april sang belahan jiwa. Dia baru sadar kalau sahabatnya itu datang lebih terlambat darinya.

4.

Sedetik kemudian …..

Ini, nih . ini yang enggak pernah terbayang sama Alya sebelumnyam ketakutan Alya pun akhirnya menemukan puncaknya. Seumur hidupnya, Alya belum pernah merasakan shock sehebat ini!.

ALYA MENCIUM BAU BUSUK MENYENGAT ITU ……. DARI TUBUH APRIL !!!

Benar guys, jelas banget, bau kematian itu ternyata milik April. Milik sahabatnya tercinta

Alya terperangah. Dia bergerak mundur. Tubuhnya merapat ke dinding. perasaan Alya remuk. Jiwanya sangat terguncang. Ketakutan udah engga bisa di sembunyikan lagi.
Sejurus kemudian Alya melangkah maju. Air matanya mengalir deras. Diantara sisa sisa kekuatannya menopang tubuhnya yang melemah, Alya berlari merangkul April. Tangisnya meledak. Jelas saja membuat April terheran heran.

Tapi, Alya enggak peduli. Dia Cuma engga mau kehilangan sahabatnya.

“mulai sekarang, elo enggak boleh auh jauh dari gue! Gue bakal lindungin elo … Enggak bakalan gue biarin apapun menimpa elo, gue janji!” teriak Alya bertubi tubi. Tangisannya semakin kencang.

“Alya elo kenapa sih? Enggak bakal terjadi apa apa kok sama gue.. enggak usah kayak gini uga, dong… maaf yaa, kalo gue datengny telat. Makanya begitu sampe gue langsung nyariin elo. Ternyata elo disini..” terang April, tangannya mengusap ngusap pundak Alya.

Alya enggak mendengar apa-apa. Dia sama sekali enggak bisa menyimak apa yang diucapkan April.  Tubuhnya semakin leams. Kainya sudah enggak sanggup menopang tubuhnya lagi. Lalu, Alya pun roboh. …. ….

5.

Lokasi : Rumah Sakit Ameilia. Pukul 1.16 pagi. Lima jam kemudian …..

Alya membuka matanya perlahan lahan. Dia terlihat bingung melihat keadaan di sekelilingnya.

“kamu sudah sadar, Al? kamu lagi di rumha sakit. Tadi amu di temukan pingsan di toilet restoran” Ini suara Erik. Dia merasa bertanggung jawab atas keselamatan Alya. Dengan setia, Erik dan beberapa kawannya menunggui Alya seak mereka membawanya ke rumah sakit. Kalau bukan mereka, siapa lagi yang akan menjaganya. Mereka tahu Alya enggak punya family di Jakarta.

Tiba-tiba Alya terperenyak.

“April! April, Rik! Dimana April?!” Alya mengguncang lengan Erik. Dia udah ingat semuanya sekarang. Tatapan Alya melotot tajam kea rah Erik.

“Sabar, Al. kamu tenang dulu, ya.. kata dokter, kamu harus banyak Istirahat. Badan kamu lemah …” bujuk Erik. Sebenarnya dia sempat kaget kenapa Alya tiba-tiba langsung menanyakan April.

“Jawab aku Rik! Dimana Apriiill?! Jangan bohongin aku, aku tahu April kenapa –kenapa!” Alya merongis, matanya nyalang. Erik diam. Dia merasa udah enggak bisa menutupi apa yang terjadi sama April. Ikatan batin mereka terlalu kuat untuk di lawan.

“Oke, Al. aku bakal bilang sama kamu , Oke, tapi kamu janji, bakal tetap sabar, ya?”

Alya mengangguk. Bibirnya terlihat gemetar.

“Alya….,” panggil Erik lirih.

Alya menelan ludah.

“sewaktu kamu pingsan tadi, kita dengar kabar dari orang tuanya April kalau dia..” suara Erik terhenti. “dia mengalami kecelakaan sewaktu menuju tempat acara kita”

Alya tersentak. Matanya membelalak. Dia terlihat menggeleng-gelengkan kepalanya..

“…. Mobil yang di bawa April tertimpa truk besar yang mengalami pecah ban. Sekarang April … April ada di rumah duka ..”

mendengar itu Alya langsung tersungkur. Mulutnya menganga seolah engga mempercayai apa yang didengarnya. Mulutnya gemeretak. Enggak terasa air matanya mengalir membasahi paras cantiknya.

Ternyata… saat di toilet restoran itu, Alya memang sudah terlambat. April memang udah pergi duluan sebelum dia beranji bakal melindunginya. “April, April … ternyata elo dateng hanya mau pamit doang sama gue” guman Alya seraya tersenyum getir. Ada luka dalam yang menyayat hatinya sekarang ini. Ada keputusasaan yang menggerus jiwanya sekarang ini.

6.

Lokasi : Apartemen Grand Hills. Pukul 5.25 sore. Tiga hari kemudian ……

Alya berdiri merenung diatas balkon. Dia masing meratapi kepergian sahabatnya. Tapi, kali ini sepertinya dia terlihat lebih tegar. Entah lagi flu atau apa, doa menutupi mulutnya dengan masker. Rambutnya yang panjang tergerai disapu angina. Gaun tidurnya yang putih memambuat Alya terlihat bak bidadari yang tengah melayang. Sesaat kemudian Alya membuka maskernya seraya tersenyum. Senyuman yang aneh. Dia seperti mengukuhkan seseuatu.

Semenit kemudian, tubuh nan molek itu pun berubah menjadi berlumuran darah. Kepalanya pecah. Tulang tulangnya remuk menghantam tanah. Gaun dan rambutnya terlihat berantakan.

Diantara kerumunan orang orang yang menjerit histeris. Terbaca seseuatu yang jelas dari jasad yang tergeletak itu.

Benar, Alya give up,guys.. Alya menyerah. Itulah yang dia kukuhkan, dia memutuskan mengakhiri hidupnya dengan melompat dari balkok. Dan, masker yang menutupi separuh wajahnya itu adalah penangkal bau busuk yang keluar dari tubuhnya sendiri.

Sekian ……

Minggu, 05 Agustus 2012

MANAGEMENT PMR DAN RELAWAN

Apa itu PMR ?
Palang Merah Remaja (PMR) merupakan wadah pembinaan serta pemberian ketrampilan kepada PMR mulai dari SD, SLTP, dan SMU/SMK dengan tujuan : 

1. memberikan pertolongan pertama (PP) dan penderita gawat darurat(PPGD)
2. menjalankan usaha kesehatan sekolah
3. membantu korban bencana
4. merawat penderita dirumah /perawatan keluarga
5. menghibur yatim piatu/orang jompo/orang cacat
6. menjalin hubungan dengan PMR baik didalam maupun di luar negeri

Pengawasan bimbingan dan pembinaan anggota PMR dilaksanakan bersama Dinas Pendidikan Dasar dan Dinas Pendidikan Menengah dan Tinggi serta Dinas Olah Raga dan Pemuda Provinsi DKI Jakarta,
Dalam wadah PMR, remaja diberi kegiatan yang positip dan konstruktip, supaya tidak terjerumus kedalam kegiatan yang merugikan diri sendiri maupun orang lain .
Persyaratan menjadi PMR :

a. Warga Negara Indonesia berusia 7 s/d 21 tahun.
b. Mendapatkan persetujuan orangtua/wali dan secara sukarela
c. Bersedia mengikuti pendidikan dan latihan dasar ke-Palangmerahan yang
    dilaksanakan di sekolah atau PMI Cab setempat.
d. Menyampaikan permohonan menjadi anggota PMR kepada PMI Cabang
   melalui guru pembinan teknis PMR disekolah masing-masing.
Relawan 

Korps Sukarela PMI (KSR PMI) adalah kesatuan atau unit didalam perhimpunan PMI yang merupakan wadah kegiatan atau wadah pengabdian bagi Anggota
Tugas KSR PMI : 

Memberikan pertolongan / bantuan dalam kesatuan atau unit yang terorganisasi.
Siapa yang boleh menjadi anggota KSR PMI ? 

a. Telah menyelesaikan pendidikan SMU atau sederajat
b. berusia 21 tahun ke atas
c. berdomisili di Jakarta
d. berkelakuan baik
e. sehat  jasmani dan rohani
Para calon  KSR memperoleh pendidikan dan latihan  Kepalangmerahan dan dilantik menjadi Anggota KSR PMI.

Agar PMI DKI Jakarta dan ke 6 Cabangnya dapat memberikan pertolongan dengan cepat maka dibentuk SATUAN TUGAS PENANGGULANGAN BENCANA (SATGANA) yang anggota-anggotanya terdiri dari KSR terlatih, dari tiap cabang. Bantuan yang diberikan berupa sandang-pangan, pengobatan, dan lain-lain

Dalam melaksanakan tugasnya bergabung dengan Satuan Koordinasi Pelaksanaan Penanggulangan Bencana dan Pengungsian (Satkorlak PBP), yaitu satuan yang dibentuk secara interdepartemental dan usaha-usaha swasta.

sumber :  http://www.pmi-jakarta.org





PALANG MERAH INDONESIA

Palang Merah Indonesia (PMI) adalah sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan. PMI selalu berpegang teguh pada tujuh prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan sabit merah yaitu kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan, dan kesemestaan. Sampai saat ini PMI telah berada di 33 PMI Daerah (tingkat provinsi) dan sekitar 408 PMI Cabang (tingkat kota/kabupaten) di seluruh indonesia.

Palang Merah Indonesia tidak berpihak pada golongan politik, ras, suku ataupun agama tertentu. Palang Merah Indonesia dalam pelaksanaannya juga tidak melakukan pembedaan tetapi mengutamakan objek korban yang paling membutuhkan pertolongan segera untuk keselamatan jiwanya.

Sejarah

Berdirinya Palang Merah di Indonesia sebetulnya sudah dimulai sebelum Perang Dunia II, tepatnya 12 Oktober 1873.Pemerintah Kolonial Belanda mendirikan Palang Merah di Indonesia dengan nama Nederlandsche Roode Kruis Afdeeling Indiƫ (NERKAI) yang kemudian dibubarkan pada saat pendudukan Jepang.
Perjuangan mendirikan Palang Merah Indonesia (PMI) diawali 1932. Kegiatan tersebut dipelopori Dr. R. C. L. Senduk dan Dr. Bahder Djohan dengan membuat rancangan pembentukan PMI. Rancangan tersebut mendapat dukungan luas terutama dari kalangan terpelajar Indonesia, dan diajukan ke dalam Sidang Konferensi Narkai pada 1940, akan tetapi ditolak mentah-mentah.
Rancangan tersebut disimpan menunggu saat yang tepat. Seperti tak kenal menyerah pada saat pendudukan Jepang mereka kembali mencoba untuk membentuk Badan Palang Merah Nasional, namun sekali lagi upaya itu mendapat halangan dari Pemerintah Tentara Jepang sehingga untuk yang kedua kalinya rancangan tersebut kembali disimpan.
Proses pembentukan PMI dimulai 3 September 1945 saat itu Presiden Soekarno memerintahkan Dr. Boentaran (Menkes RI Kabinet I) agar membentuk suatu badan Palang Merah Nasional.
Dibantu Panitia lima orang terdiri atas Dr. R. Mochtar sebagai Ketua, Dr. Bahder Djohan sebagai Penulis dan tiga anggota panitia yaitu Dr. R. M. Djoehana Wiradikarta, Dr. Marzuki, Dr. Sitanala, mempersiapkan terbentuknya Perhimpunan Palang Merah Indonesia. Tepat sebulan setelah kemerdekaan RI, 17 September 1945, PMI terbentuk. Peristiwa bersejarah tersebut hingga saat ini dikenal sebagai Hari PMI.

Peran PMI adalah membantu pemerintah di bidang sosial kemanusiaan, terutama tugas kepalangmerahan sebagaimana dipersyaratkan dalam ketentuan Konvensi-Konvensi Jenewa 1949 yang telah diratifikasi oleh pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1958 melalui UU No 59.

Sebagai perhimpunan nasional yang sah, PMI berdiri berdasarkan Keputusan Presiden No 25 tahun 1950 dan dikukuhkan kegiatannya sebagai satu-satunya organisasi perhimpunan nasional yang menjalankan tugas kepalangmerahan melalui Keputusan Presiden No 246 tahun 1963.

Kemanusiaan dan Kerelawanan

Dalam berbagai kegiatan PMI komitmen terhadap kemanusiaan seperti Strategi 2010 berisi tentang memperbaiki hajat hidup masyarakat rentan melalui promosi prinsip nilai kemanusiaan, penanggulangan bencana, kesiapsiagaan penanggulangan bencana, kesehatan dan perawatan di masyarakat, Deklarasi Hanoi (United for Action) berisi penanganan program pada isu-isu penanggulangan bencana, penanggulangan wabah penyakit, remaja dan manula, kemitraan dengan pemerintah, organisasi dan manajemen kapasitas sumber daya serta humas dan promosi, maupun Plan of Action merupakan keputusan dari Konferensi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah ke-27 di Jenewa Swiss tahun 1999.
Dalam konferensi tersebut Pemerintah Indonesia dan PMI sebagai peserta menyatakan ikrar di bidang kemanusiaan.


Hal ini sangat sejalan dengan tugas pokok PMI adalah membantu pemerintah Indonesia di bidang sosial kemanusiaan terutama tugas-tugas kepalangmerahan yang meliputi: Kesiapsiagaan Bantuan dan Penanggulangan Bencana, Pelatihan Pertolongan Pertama untuk Sukarelawan, Pelayanan Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat, Pelayanan Transfusi Darah. Kinerja PMI dibidang kemanusiaan dan kerelawanan mulai dari tahun 1945 sampai dengan saat ini antara lain sebagai berikut:
  1. Membantu saat terjadi peperangan/konflik. Tugas kemanusiaan yang dilakukan PMI pada masa perang kemerdekaan RI, saat pemberontakan RMS, peristiwa Aru, saat gerakan koreksi daerah melalui PRRI di Sumbar, saat Trikora di Irian Jaya, Timor Timur dengan operasi kemanusiaan di Dilli, pengungsi di Pulau Galang.
  2. Membantu korban bencana alam. Ketika gempa terjadi di Pulau Bali (1976), membantu korban gempa bumi (6,8 skala Richter) di Kabupaten Jayawijaya, bencana Gunung Galunggung (1982), Gempa di Liwa-Lampung Barat dan Tsunami di Banyuwangi (1994), gempa di Bengkulu dengan 7,9 skala Richter (1999), konflik horizontal di Poso-Sulteng dan kerusuhan di Maluku Utara (2001), korban gempa di Banggai di Sulawesi Tengah (2002) dengan 6,5 skala Richter, serta membantu korban banjir di Lhokseumawe Aceh, Gorontalo, Nias, Jawa Barat, Tsunami di Nangroe Aceh Darussalam, Pantai Pangandaran, dan gempa bumi di DI Yogyakarta dan sebagian Jawa Tengah. Semua dilakukan jajaran PMI demi rasa kemanusiaan dan semangat kesukarelawanan yang tulus membantu para korban dengan berbagai kegiatan mulai dari pertolongan dan evakuasi, pencarian, pelayanan kesehatan dan tim medis, penyediaan dapur umum, rumah sakit lapangan, pemberian paket sembako, pakaian pantas pakai dan sebagainya.
  3. Transfusi darah dan kesehatan. Pada tahun 1978 PMI memberikan penghargaan Pin Emas untuk pertama kalinya kepada donor darah sukarela sebanyak 75 kali. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 1980 telah diatur tentang tugas dan peran PMI dalam pelayanan transfusi darah. Keberadaan Unit Transfusi Darah PMI diakui telah banyak memberikan manfaat dan pertolongan bagi para pasien/penderita sakit yang sangat membutuhkan darah. Ribuan atau bahkan jutaan orang terselamatkan jiwanya berkat pertolongan Unit Transfusi Darah PMI. Demikian pula halnya dengan pelayanan kesehatan, hampir di setiap PMI di berbagai daerah memiliki poliklinik secara lengkap guna memberikan pelayanan kepada masyarakat secara murah.
  4. untuk menjaga perdamaian dunia

Basis Masyarakat

Guna mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi pada saat-saat yang akan datang saat ini PMI tengah mengembangkan Program Community Based Disarter Preparedness (Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat). Program ini dimaksudkan mendorong pemberdayaan kapasitas masyarakat untuk menyiagakan dalam mencegah serta mengurangi dampak dan risiko bencana yang terjadi di lingkungannya. Hal ini sangat penting karena masyarakat sebagai pihak yang secara langsung terkena dampak bila terjadi bencana.

Selain itu di Palang Merah Indonesia juga marak di selenggarakan pelatihan untuk Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat (Community Based First Aid/ CBFA)
Pada dasarnya seluruh gerakan kepalangmerahan haruslah berbasis masyarakat, ujung tombak gerakan kepalangmerahan adalah unsur unsur kesukarelaan seperti Korps Sukarela atau KSR maupun Tenaga Sukarela atau TSR dan juga Palang Merah Remaja atau PMR dan seluruh unsur ini selalu berbasis pada anggota masyarakat sesuai salah satu prinsip kepalangmerahan yaitu kesemestaan

  

7 Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah Internasional dan Bulan Sabit Merah Internasional

  1. Kemanusiaan (humanity)
  2. Kesamaan (impartiality)
  3. Kenetralan (neutrality)
  4. Kemandirian (independence)
  5. Kesukarelaan (voluntary service)
  6. Kesatuan (unity)
  7. Kesemestaan (universality)

Senin, 02 Juli 2012

DIA YANG KU CINTA .....


“Untuk kekasih ku… Mirza, semoga kau tau selama ini perasaan ku terhadapmu…maaf jika aku belum pernah membahagiakan kamu selama ini”

Malam itu, aku menerima sms mu,, aku senang sebagaimana aku bisa berbicara tentang apa dengan mu... tapi entahlah perasaan ku berubah saat kau mengatakan “aku akan pergi ke kampungku-makassar.. mungkin disana aku akan selamanya” aku sedih melihat pesan mu waktu itu… jujur saat itu aku sudah merasa nyaman di dekat mu, entah lah kenapa.. sejujurnya kau adalah pria tampan yang pernah ku kagumi…tapi bisakah kau menjadi milikku seutuhnya? aku sangat menyukai mu saat itu…


Aku bisa menceritakan mengapa aku sangat menyukai mu saat itu, sudah ku katakan kau adalah pria yang sangat tampan, hatimu baik… kau perhatian. Tapi setidaknya jika aku mengatakan hal ini kepadamu. Apakah kau mau menerima ku apadanya? Setidaknya aku tidak pernah berfikir sejauh itu tentang ini semua…


Malam minggu, aku tanggal 9 juni 2012…
kau akan mengatakan bahwa kau sangat mencintaiku dan bersiap kalau kau ingin menjadi pendamping hidupku,, tidak berpikir panjang saat itu aku pun menerima mu… di sisi lain sebenarnya aku malu, ya malu karena semua ini perasaanku yang aku katakan kepadamu, bukan engkau yang mengatakan kepadaku..


tapi sekarang setelah kami menjalin hubungan semua tidak sesuai keyakinan,, awalnya berjalan mulus, tapi pas kesininya entah lah mengapa… aku ngga ngerti, aku bingung.. ya bingung karena sikap mu itu.. pernah suatu waktu aku pernah menanyakan hal ini kepada mu, mirza… kau ingat? “apakah kau tulus mencintaiku?” kau menjawab “aku sampai detik ini tidak pernah mengerti dan paham apa itu arti tulus, yg aku tau aku bersyukur telah punya kamu..” kau masih ingat itu semua?? Aku pun tersenyum melihat pesan mu,, entah itu benar atau bohong.. aku tidak tau…


Jika aku boleh jujur di sini, aku sangat merindukan mu… apakah kau disana seperti itu? Sepertinya tidak, kau sms aku saja tidak pernah akhir-akhir ini.. malahan aku yang sms kamu, dan hal itu sering kamu abaikan… terkadang aku sedih melihat sikapmu seperti ini.. kau mengatakan kau sedang sibuk dengan pekerjaan mu,, maaf terkadang aku suka curiga sama pekerjaan mu itu.. se sibuk itu kah kau bekerja? Sampai lupa ada pacar mu disini menanti kabar mu disana… bisakah kau luangkan waktu mu sebentar saja untuk ku? Aku butuh kamu disini…


aku bingung apa yang di pikiran mu akhir akhir ini,, kamu itu kenapa sih? Kamu bosan dengan ku? Aku heran sama kamu… apa aku pernah buat salah sama kamu?? Jika iya katakanlah… dan kenapa alasannya? …

seperti hal nya sewaktu itu kamu pergi dengan teman mu,, aku tau itu hak mu terserah lah kamu mau apa disana… tapi setidaknya apa pernah kamu mengajak aku jalan?, walaupun aku tidak bisa.. hey aku disini kekasih mu, kau lupa?????.. apa kau pernah mengajak ku jalan? Mengajak jalan itu pun hanya gathering saja… heyy,, aku juga ingin seperti yang lain, bagaiman rasanya jalan berdua seperti hal nya orang-orang,, tapi kamu tidak melakukan hal itu kepada ku… kau niat memiliki ku hanya sebatas status atau pengharapan palsu belaka saja??


Kalau aku boleh jujur .. sebenarnya aku masih sayang sama kamu,tapi kamu ga pernah sadar atas itu semua… dan selalu kamu abaikan, mirza.. dimana kamu yang dulu? Aku merindukan kamu sekarang… Maaf jika aku sekarang belum bisa jadi apa yang kamu mau.. tapi aku berusaha selalu menjadi lebih baik untuk kamu ,,,,

“ apapun ancaman di luar sana aku tetap percaya sama kamu, dan kalau itu betul aku tetap sabar mengadapinya karna aku sayang sama kamu.
apapun ancaman itu ku hadapi ”

Inti nya aku menulis ini,, aku masih sayang sama kamu… aku berharap kau disana pun begitu, pegang semua janji mu… jangan kau ingkari. Sayang ku ga akan berubah.. aku tetap sayang kamu… Mirza,,

Sekian…. 

Selasa, 15 Mei 2012

RATAPAN KUNTILANAK (by Risa Saraswati)

aku terbang dari satu tempat ketempat lain. Mungkin menurut kalian terlihat terbang, tapi tidak kenyataannya..aku hanya berjalan dari satu tempat mencari tempat yang jauh lebih nyaman buatku berteduh. Kalian tau? begitu aku menyukai tempat yang sangat gelap...aku tidak suka kalian mencemooh bagaimana fisikku kini. Aku cantik? ya aku pernah cantik, itu dulu saat semuanya belum kuakhiri dengan paksa. Jangan paksa aku untuk menceritakan kenapa aku begitu berani menyayatkan pisau dinadiku hingga seperti sekarang ini, terlalu menyakitkan bagiku untuk mengingatnya.... Walau tak kupungkiri, tak akan pernah bisa aku enyahkan segala pikiran tentang masa laluku. Kalaupun bisa, mungkin aku tidak akan begini...hinggap dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Begitu aku menyukai anak perempuan, suka sekali. Entah kenapa aku begitu yakin kalau bayi yang ku kandung dulu dan mati bersamaku adalah bayi perempuan.


Surgaku adalah melihat para wanita melahirkan anak mereka dari dekat..dekat sekali, hingga tak jarang aku menemani para ibu hamil di rumah sakit rumah sakit bersalin. Sayang, banyak mahkluk sepertiku juga yang tak segan mengusir jika melihat keberadaanku. Sejujurnya, aku hanya ingin melihat bagaimana rasanya melahirkan..bagaimana rasanya memiliki bayi, tidak tidak jangan pikir aku akan mencuri bayi kalian.


Mistis sialan membuat aku dan teman-temanku yg lain menjadi terkesan menakutkan. Mungkin memang ada yang suka mencuri bayi, tapi percayalah...tidak semua seperti itu. Jika kalian ingin bertemu denganku atau hanya sekedar ingin berteman denganku, aku akan sangat bahagia... Kesepian, ya! aku kesepian. Panggil saja aku, sesukamu! aku bahkan lupa namaku saat masih bernafas dulu. Jadi sebut saja sesuka hatimu siapa namaku. Kamu cukup mematikan lampu kamarmu, lalu membayangkan sosok seorang wanita dengan tinggi 159cm, berambut hitam legam hingga menyentuh lantai kamarmu, bajuku daster tipis putih semata kaki...sudah tidak putih lagi...ada bercak darah memenuhinya, kulitku pucat putih dan kaku , walau tak bahagia...tapi aku suka sekali tersenyum dan tertawa, o iya...mukaku tak usah kau hiraukan..akan kututupi rambut jika kita bertemu nanti... kau tak akan bisa bayangkan bagaimana rupaku hihihi. Jangan lupa satu hal, aku juga sangat benci pada cermin. Jangan biarkan itu mengganggu pertemuan kita nanti ya..... Aku sanat ingin bertemu dan mempunyai sahabat yang kubisa kuajak bermain dan bercerita. Panggil aku... bayangkan aku.... Tolong...