Jumat, 25 Januari 2013

PALANG MERAH REMAJA (PMR SMAN 93)



Hallo… apa kabar nya nih kalian?? Baru ada ide buat nulis lagi nih… hehehe.
oiyaa, kali ini aku ingin cerita apa kegiatan ku di PMR (Palang Merah Remaja) di Sekolah ku. Aku sangat senang sama kegiatan ini dari dulu… dan susah, senang, sedihnya aku berada di sana.

Sedikit ulasan tentang PMI/PMR…
apa sih yang kalian tau tentang PMI/PMR (Palang Merah Indonesia/Palang Merah Remaja) ?? apa sih perbedaan nya? Apa Cuma nama saja, atau kegiatannya?? Pasti yang pernah ikut PMR atau sudah menjadi Anggota PMI pasti tau deh.. hehehe,  Okee bagi yang belum mengetahui  saya aka jelaskan satu persatu.

PMI itu adalah singkatan dari “Palang Merah Indonesia”. sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang Sosial Kemanusiaan.
PMI selalu berpegang teguh pada 7 prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan sabit merah (the basic principles of the International Red Cross and Red Crescent) yaitu kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan, dan kesemestaan. Sampai saat ini PMI telah berada di 33 PMI Daerah (tingkat provinsi) dan sekitar 408 PMI Cabang (tingkat kota/kabupaten) di seluruh Indonesia. mereka mempunyai Anggota yang di sebut “Korps Suka Rela” atau yang sering di sebut KSR. Palang Merah Indonesia tidak berpihak pada golongan politik, ras, suku ataupun agama tertentu. Palang Merah Indonesia dalam pelaksanaannya juga tidak melakukan pembedaan tetapi mengutamakan objek korban yang paling membutuhkan pertolongan segera untuk keselamatan jiwanya.


PMR itu adalah singkatan dari “Palang Merah Remaja” ini adalah wadah pembinaan dan pengembangan Anggota Remaja yang dilaksanakan oleh Palang Merah Indonesia. Terdapat di tiap tingkatan PMI diseluruh Indonesia dengan anggota lebih dari 5 juta orang. Anggota PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan Kegiatan-kegiatan Kemanusiaan dibidang Kesehatan dan Siaga Bencana, mempromosikan Prinsip-Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI.
Disini PMR lebih ke arah pendidikan dan Pelatihan.  Salah satu kegiatannya adalah :
1. PENDIDIKAN dan PELATIHAN PMR
2. PELANTIKAN PMR (dilaksanakan di setiap kecamatan2 tertentu)
3. JUMBARA (Jumpa Bhakti Gembira)
4. dll .
Tingkatan PMR Di Indonesia dikenal ada 3 tingkatan PMR sesuai dengan jenjang pendidikan atau usianya
  1. PMR Mula adalah PMR dengan tingkatan setara pelajar Sekolah Dasar (10-12 tahun). Warna syal/slayer Hijau
  2. PMR Madya adalah PMR dengan tingkatan setara pelajar Sekolah Menengah Pertama (12-15 tahun). Warna syal/slayer Biru Langit
  3. PMR Wira adalah PMR dengan tingkatan setara pelajar Sekolah Menengah Atas (15-17 tahun). Warna syal/slayer Kuning cerah
Oiyaa sorry nih kepanjangan maklum, aku kalau jelasin sesuatu pasti terlalu panjang, kadang hampir tersingkat2 pun masih tetep panjang. Yang pasti apapun yang kalian baca kalian sudah mengerti kan? apa itu PMI atau PMR? Hehehe…

ini cerita mengenai kegiatan PMR di sekolah ku. Awal masuk PMR, mikir.. ah pengen coba2 sih, abis bosen dengan eskul olahraga yang kegiatannya Cuma itu2 saja. Aku berpikir aku ambil eskul yang tidak bikin capek, tapi banyak manfaat Ilmu yang terkandung di dalamnya.. yaps, PMR. Seperti yang aku katakan sebelumnya, PMR sebuah organisasi yang bergerak di bidang Sosial dan Kemanusiaan. Agak gengsi sih sebelumnya, habis sewaktu SMP pernah mengikuti PMR cuman PMR di SMP ku tidak terlalu aktif, sempet kaget.. kegiatan PMR begini. Bener2 kejutan! Hahaha… tapi tidak mengapa, saya lebih menyukai tantangan. Materi di PMR ga terlalu berat2 sih, kita ga di suruh ngitung2 angka kok.. di sini yang di utamakan kedisplinan, teliti, sama kecerdasan menghafal sesuatu saja. kebanyakan anak PMR selepas lulus dari SMA banyak yang melanjutkan jenjang ke Perguruan Tinggi Jurusan Ke-Dokteran/Ke-Perawatan. Seperti sama halnya PMR di sekolah ku, alumni2 PMR di sekolah ku banyak yang melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi dengan Jurusan Kesehatan, ada yang Kedokteran, Keperawatan, Farmasi dll.. *ini anak IPA banget yaa.. heeheehee.. *

Awal mula aku masuk PMR di SMAN 93 itu karena apa?
aku masuk PMR di SMAN 93 karena tertarik aja dalam bidang ini, sebab bener2 bagus banget.. bermanfaat juga bagi yang mencintai / menekuni dunia Kesehatan. Saat Demo Eskul di sekolahku ngga ada Eskul yang bisa menarik perhatianku, hanya PMR .. PMR berhasil menarik perhatianku saat itu, ciyeee.. saat mereka meragakan di Demo Eskul, mereka melakukan PP (Pertolongan Pertama+Pembidaian pada Patah Tulang) dan Pemasangan Tandu- yang di lakukan 2 orang. Bermula di awal cerita si korban kecelakaan, lalu Tim kesehatan segera menolong si Korban tersebut. Langsung setelah Demo Eskul PMR itu selesai, aku langsung cari stan dimana PMR itu kumpul ternyata tempatnya sungguh gelap yaa di depan UKS, UKS 93 cukup terbilang jauh, dan jarang terlihat.. sewaktu itu aku cari-cari sampai pusing, ternyata dan akirnya bertemu juga.. kakaknya baik-baik. Mereka langsung mengasih formulirnya, sebelumnya aku di pertanyakan dulu dari SMP mana, Tinggal di mana, dsb. Hahahaha lucu yaa mereka. Tidak hanya itu, siapa bilang anak PMR ngga gaul, kuper? Dsb? Disini di PMR khususnya, kita ada materi Dance4life juga, melatih kekreatifan anggota PMR di dalam bidang seni bermusik dan menari. 

Setelah sekian lama bergabung di PMR 93 dari PMI mengadakan seperti acara Pelantikan PMR Resmi di cibubur selama 2 hari semalam. Seru, asik, dan cape bercampur jadi satu. Kami tidur beralaskan tenda, saat itu cuaca sedang tidak mendukung sama sekali, akibatnya hujan terus. Jadi sekian jam kita berdiam diri di Tenda. Akhirnya terlarut dalam tidur hahahahaaa…. Tiba2 di bangunin sama KSR PMI suruh buat parit di sekitar tenda.. hadoh.. tapi gapapa kita basah2an keluar, untung ngga pada sakit, ini mencirikan kalau anak PMR itu stroooonnnngggg. !!!! *duhilaah apa ini* .
Saya Banyak belajar dari PMR mulai itu kebersamaan, kekeluargaan dll… sampai yang Egois2 nya juga ikut2an .. hahahaha, kita jujur kita disini termasuk anggota PMR paling heboh, buktinya di Pelantikan PMR Resmi di cibubur disuruh joget, kita joget semua.. sampai sampai alumni nya ikut bergoyang semua.. rada-rada emang. Hahahahaha…..
Intinya saya senang kok masuk PMR SMAN 93, saya bener2 dapet sebuah keluarga baru disini, kekompakannya terjaga banget. Sampai2 pernah ada kejadian DU (Dapur Umum) di PMI buat para korban bencana, kita anggota PMR disuruh ikut Bantu.. cuman sayangnya di anggota kami ada salah satu yg tidak bisa mengikuti, jadi pergi ke cabang PMI pun batal hari itu. Terpaksa ketua sama humas,bendahara lah yang pergi, walaupun itu terpaksa… sebenarnya mereka juga pengalaman pertama di hari itu untuk DU.
Disini saya juga ingin kasih tau kalian siapa aja struktur Organisasi PMR di SMAN 93, berikut cuplikannya …

1. Indah Dewi P (KETUA PMR 93) Class: 11 IPS 3.





Ini Ketua paling heboh diantara kami ber-7 mungkin dia adalah bibit keheboh.an PMR angkatan sekarang. Yaa.. begitulah ceritanya, dia paling Rajin, paling ngga bisa ngaret. Paling cerewet, sampai kita sebut dia tuh Emaknya PMR 93 .. baiknya ampun2.an. paling Anggun di PMR 93. di kelas dia anaknya Pendiem, otak dewa, Rank. 1 terus, dia anak IPS tapi ngerti soal IPA anak kelas 11. dulu di PMR dia jabatannya Wakil,karena dulu si Ketua ngga aktif, makanay Sertijab Ketua di Turunkan ke Indah… hehehehe… karena Indah yang paling aktif di PMR.

2. Annisa Ramadhannia (WAKIL KETUA PMR 93) Class: 10 – 7 






Ini anak pemilik akun resmi PMR SMAN 93.. follow yaa @PMRSMAN_93 daaaaannn Nah ini gue.. hehehe… gue ngga bisa ceritain apa yg ada di dalam diri gue. Kalian yang menilai, sampai sekarang gue heran kenapa gue di pilih menjadi Wakil ketua PMR .. seriuss deh. Bingung ajee.. Tapi gpp terima kasih kak Indah atas Sertijab nya.. J


3. Anugrah Ayu Rizki L. (SEKRETARIS PMR 93) Class: 11 IPA 2





Kecil, imut, lucu… nah ini Sekretaris PMR 93 yang baru, Galauers sejati #eh. Sama kyk Indah, dia kalau di kelas katanya pendiam. Merhatiin guru sedang jelasin. Kadang kalau anak anak PMR 93 sedang sedih, tiba tiba dia muncul buat lelucon konyol yang bikin ketawa ngakak.. ngga ngerti apa maksud dia, kadang2 suka ngelakuin hal aneh yg bikin ngundang tertawa.. di nanya, malah dia yg jawab. Hahahahahahaaaaa… ini anak unik banget deh..

4. Vinny L Ramadhanty ( BENDAHARA PMR 93 ) Class: 10 – 6
  

Ini anak mungkin bibit keheboan para PMR kelas 10 kali yaa.. setiap ada dia, yang tadi suasana sepi, ada ini anak jadi berubah heboh.. ini ciyusss lho.. hahahaha,, ini anak kadang2 suka nempel ama siapa aja. Mau itu sahabatnya, temennya dll.. anak ini baik banget. Dia juga kalau ada acara2 PMR di sekolah pasti dia sama saya berangkat bareng.. anak ini aktif banget di kategori panitia2 resmi, kadang kalau PMR kehabisan akal buat bikin proposal ini anak langsung dapet aja ide nya.. dan itu simple ga terlalu susah. Intinya anak ini unik deh..

5. Irna N. Prijiyanti (HUMAS PMR 93) Class: 11 IPA 3

Ini anak paling di bully di PMR 93, dia solmed saya di specialis Tandu. Dulu anak ini Mantan Sekretaris PMR di 93, mungkin gara2 Sertijab, dia sekarang ada di Jabatan HUMAS . dia baik. Penyabar bangeet dalam situasi apapun.. anaknya sopan, enak di ajak ngobrol.. lucu nya ga ketolongan. Sama kayak Indah setia banget sama PMR.  
"Sejiwa sehati setanah bangsa sehidup semati cintanya di PMR tdk ada yang lain". #kutipan

6. Pniel Shena K (                                         ) Class 10 – 6


Ini adalah sahabat deketnya Vinny, nempel terus ga pernah pisah, pisah paling kalau ada lagi masalah, berapa jam kemudian nempel lagi, ibaratkan tutup botol sama botolnya. Hahahaha.. dia sama Vinny ini pencetus keheboan para PMR kelas 10, ga ada lo ga rame #kutipan ke 2 untuk mereka.. paling tau dari yang pernah ada. Anaknya perhatian banget.. Pengetahuan luas banget. Calon mahasiswi HI katanya.. (Hub. International) amiin deh… J

7. Dinda Rulistia (                                         ) Class 10 -6


Sama seperti Pniel dan Vinny, ini anak juga masuk termasuk paling deket, agak sedikit manja.. anaknya baik, dia nothing sih, tapi dia salah satu anak terimut dari bertiga anak 3 kurcaci ini.. penggemar JKT48 setiap kemana2 slalu nnyanyi “aitakata, aitakata, aitakata. Yesss”

8. Shara Puspitasari ( SEKSI KEBERSIHAN PMR 93 ) Class 10 -7


Ini saudara nya kak Ayu, sekelas sama gue.. shock kalau dia saudara nya kak Ayu. Hahaha.. punya kakak dari kelas 12 sampe kelas 11 IPA semua lagi, buseeh bagi keluarganya mungkin ini sekolah udah termasuk sekolah 7 Turunan kali yaa. Kakak adek saudara pada sekolah di 93 semua.. anaknya baik, bangeet.. selalu temenin gue kemanapun gue pergi, anaknya chubby. Nyambung di ajak ngobrol apa aja.. wkwkwkwkwk..

Nah itu para Masyarakat2 Org. di PMR 93 Angkatan tahun Ini.
 
Nggak kelupaan ini ada beberapa Alumni dari angkatan th. 1991-2012 yang mengikuti PMR WIRA SMAN 93. 

 
                                                 Kak' Judi Mulia aka Judi Chung (Alumni PMR 93 th. 1993)

                                              Kak' Ario aka Ario Keling (Alumni PMR 93 th 1991)


                                    Kak' Lukiswara Setya Palupi aka Upi (Alumni PMR 93 th. 2005)


                                              Kak' Tri Mulyani (Alumni PMR 93 th. 2005)

                                           Kak' Dewi Sri Wahyuni Prayitno (Alumni PMR 93 th. 2011)

                                      Kak' Lelly Nurlaili aka Lelly Lele (Alumni PMR 93 th. 2012)

                                          Kak' Kintan Lestari (Alumni PMR 93 th. 2012)

yaaaa sobat cukup segini dulu yaaa.. sebenernya Alumni masih banyak lagi. tapi aku ngambilnya satu dari  perwakilan dari Angkatan mereka,,... hihihihiiii tetep dari jaman dulu PMR emang selalu di minati. pun yang ikut manis2 hahaha jadi 7 turunan sampe cucu-cucu PMR thn Angkatan 2013... sooo!! PMR JAKARTA TIMUR JAYA !!









1 komentar:

  1. Salam kemanusiaan :) terimakasih atas infonya dan pengalamannya hehe
    PMR SMKN 6 Garut

    BalasHapus