Kamis, 10 Februari 2011

KISAH LEGENDA : NYI RORO KIDUL ..

Saya lagi suka banget ma nyi roro, seorang putri yg menginspirasi banyak orang, cantik, berkuasa, sempurna banget deh ada cewek..
wow.. sempurna banget dia...

Kita berbagi kisahnya disini ya ... ?


Cerita tentang Nyi roro Kidul ini sangat Terkenal. bukan hanya dikalangan penduduk Yogyakarta dan Surakarta, melainkan di seluruh Pulau Jawa. Baik di Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur. Di daerah Yogyakarta kisah Nyi Roro Kidul selalu dihubungkan dengan kisah para Raja Mataram. Sedangkan di Jawa Timur khususnya di Malang Selatan tepatnya di Pantai Ngliyep, Nyi Roro Kidul dipanggil dengan sebutan Kanjeng Ratu Kidul. Di Pantai Ngliyep juga diadakan upacara Labuhan yaitu persembahan para pemuja Nyi Roro Kidul yang menyakini bahwa kekayaan yang mereka dapatkan adalah atas bantuan Nyi Roro Kidul dan anak buahnya.

Konon, Nyi Roro Kidul adalah seorang ratu yang cantik bagai bidadari, kecantikannya tak pernah pudar di sepanjang zaman. Di dasar Laut Selatan, yakni lautan yang dulu disebut Samudra Hindia - sebelah selatan pulau Jawa, ia bertahta pada sebuah kerajaan makhluk halus yang sangat besar dan indah.

Siapakah Ratu Kidul itu? Konon, menurut yang empunya cerita, pada mulanya adalah seorang wanita, yang berparas elok, Kadita namanya. Karena kecantikannya, ia sering disebut Dewi Srengenge, yang artinya Matahari Jelita. Kadita adalah putri Raja Munding Wangi. Walaupun Kadita sangat elok wajahnya, Raja tetap berduka karena tidak mempunyai putra mahkota yang dapat disiapkan. Baru setelah Raja memperistrikan Dewi Mutiara lahir seorang anak lelaki. Akan tetapi, begitu mendapatkan perhatian lebih, Dewi Mutiara mulai mengajukan tuntutan-tuntutan, antara lain, memastikan anaknya lelaki akan menggantikan tahta dan Dewi Kadita harus diusir dari istana. Permintaan pertama diluluskan, tetapi untuk mengusir Kadita, Raja Munding Wangi tidak bersedia.

“Ini keterlaluan,” sabdanya. “Aku tidak bersedia meluluskan permintaanmu yang keji itu,” sambungnya. Mendengar jawaban demikian, Dewi Mutiara malahan tersenyum sangat manis, sehingga kemarahan Raja, perlahan-lahan hilang. Tetapi, dalam hati istri kedua itu dendam membara.

Hari esoknya, pagi-pagi sekali, Mutiara pengutus inang mengasuh memanggil seorang tukang sihir, si Jahil namanya. Kepadanya diperintahkan, agar kepada Dewi Kadita dikirimkan guna-guna.

“Bikin tubuhnya berkudis dan berkurap,” perintahnya. “Kalau berhasil, besar hadiah untuk kamu!” sambungnya. Si Jahil menyanggupinya. Malam harinya, tatkala Kadita sedang lelap, masuklah angin semilir ke dalam kamarnya. Angin itu berbau busuk, mirip bau bangkai. Tatkala Kadita terbangun, ia menjerit. Seluruh tubuhnya penuh dengan kudis, bernanah dan sangat berbau tidak enak.

Tatkala Raja Munding Wangi mendengar berita ini pada pagi harinya, sangat sedihlah hatinya. Dalam hati tahu bahwa yang diderita Kadita bukan penyakit biasa, tetapi guna-guna. Raja juga sudah menduga, sangat mungkin Mutiara yang merencanakannya. Hanya saja. Bagaimana membuktikannya. Dalam keadaan pening, Raja harus segera memutuskan.

Hendak diapakan Kadita. Atas desakan patih, putri yang semula sangat cantik itu mesti dibuang jauh agar tidak menjadikan aib.

Maka berangkatlah Kadita seorang diri, bagaikan pengemis yang diusir dari rumah orang kaya. Hatinya remuk redam; air matanya berlinangan. Namun ia tetap percaya, bahwa Sang Maha Pencipta tidak akan membiarkan mahluk ciptaanNya dianiaya sesamanya. Campur tanganNya pasti akan tiba. Untuk itu, seperti sudah diajarkan neneknya almarhum, bahwa ia tidak boleh mendendam dan membenci orang yang membencinya.

Siang dan malam ia berjalan, dan sudah tujuh hari tujuh malam waktu ditempuhnya, hingga akhirnya ia tiba di pantai Laut Selatan. Kemudian berdiri memandang luasnya lautan, ia bagaikan mendengar suara memanggil agar ia menceburkan diri ke dalam laut. Tatkala ia mengikuti panggilan itu, begitu tersentuh air, tubuhnya pulih kembali. Jadilah ia wanita cantik seperti sediakala. Tak hanya itu, ia segera menguasai seluruh lautan dan isinya dan mendirikan kerajaan yang megah, kokoh, indah dan berwibawa. Dialah kini yang disebut Ratu Laut Selatan.
Cerita tentang Nyi Roro Kidul ini banyak versinya. Ada versi Jawa Barat, Jawa Timur dan Yogyakarta.

Konon Nyi Roro Kidul itu tak lain adalah seorang jin yang mempunyai kekuatan dahsyat. Hingga kini masih ada saja orang yang mencari kekayaan dengan jalan pintas yaitu dengan menyembah Nyi Roro Kidul. Mereka dapat kekayaan berlimpah tetapi harus mengorbankan keluarga dan bahkan akan mati sebelum waktunya, jiwa raga mereka akan dijadikan budak bagi kejayaan Keraton Laut Selatan.

Cerita ini dapat digolongkan sebagai mitos, sebab mengaruhnya sangat mendalam, mendasr dan jauh bagi alam pikiran tradisional di Yogyakarta. ..



(Ini lagu Iramanya bernuansa Nyi Roro banget Lho) :)

Tanggapan :

Ikut berbagi kisah disini ya. Ini kisah dan pengalaman sejati saya. Kanjeng Ratu Kidul, Nyi Roro Kidul, Nyai Ratu, Kanjeng Ratu.....atau siapapun kita menyebutnya.....monggo silahkan saja. Bagi saya itu hanyalah sebutan masing2 punya anggapan saja. Saya setuju siapapun yang punya argumen atau opini selayaknya kita menghargainya. Kembali ke masalah semula tentang Kanjeng Ratu Kidul, nah menurut saya akan lebih seru jika yang berdiskusi itu memang orang yg pernah atau berinteraksi secara langsung dengan Subyek yang kita bicarakan yaitu Kanjeng Ratu Kidul. Kalau kita hanya berdiskusi atas dasar raba meraba dan ilmu kira2 ya nggak akan ketemu-ketemu hasilnya Mas....he..he.., sama juga kita mendiskusikan tentang benda yg bernama Radio. Ada yg bilang radio itu bentuknya kotak, ada yg bilang bundar, dsb, itupun baru diskusi tentang bentuk belum cara operasionalnya atau diskusi tentang fungsi dari Radio, padahal orang yang berdiskusi sama sekali tersebut belum mengerti atau bahkan belum pernah melihat Radio itu sendiri, ya isi diskusinya ya hanya berdebat dan saling tidak percaya kan. Baik, sedikit saya akan berbagi pengalaman dengan kawan di forum ini.

Kurang lebih selama 16 tahun saya belajar tentang dunia metafisik atau supranatural.Ternyata benar dalam agama bahwa Manusia itu menempati posisi yang paling tinggi diantara makhluk yang lainnya. Diserahkan dunia kepada Manusia dan Manusia disuruh mempelajarinya, ternyata tidak hanya dunia yang nyata ini saja tetapi juga termasuk dunia keghaiban, baik itu dunia setan, jin atau bahkan dunia malaikat sekalipun. Tetapi kadang ada sebagian orang beranggapan mempelajari dunia ghaib adalah musyrik, tahayul, klenik, dsb. Ya itu silahkan saja kita serahkan pada opini masing2 orang, tetapi sedikit opini saya : "Bagaimana kita bisa mengerti Jin kalau kita tidak memahami Psikologi Jin", atau "Bagaimana kita bisa mengatakan kalau kita terhindar dari bujuk rayu setan, sedang keberadaan setan saja kita tidak mempercayainya". Kembali lagi ke Kanjeng Ratu Kidul, Saya adalah salah satu orang yang pernah menembus dimensi ke alamnya, saya juga pernah berdialog dengan apa yang disebut dengan Nyi Blorong. Nyi Blorong adalah sebutan dari manusia, tetapi nama sebenarnya adalah Ki Norotunggak dan Nyi Norotunggak, mereka adalah sepasang Ular dari golongan setan, dengan besar (di Alamnya) masing-masing berdiameter sebesar mobil Kijang dengan panjang 80 Meter.

Sedangkan yang disebut Kanjeng Ratu Kidul adalah dulu adalah seorang manusia anak dari seorang Resi yg terkena suatu penyakit kulit. Karena rasa malunya sang Resi oleh sakit yg diderita putrinya, maka sang resi (setengah mengusir) meminta kepada putrinya untuk bertapa di atas tebing pinggiran laut pantai selatan. Nah selang beberapa hari bertapa, putri sang Resi tadi ditemui oleh Kyai Semar (golongan Jin dari langit Sap 4, karena Dimensi Jin, setan juga bertingkat sampai langit sap 7) dan saat itu sang Putri diajak dan akan disembuhkan bahkan akan memiliki wajah cantik. Sang putri pun mengikuti saja berjalan menuju Kyai Semar tadi, tapi walau sang Putri bisa sampai di hadapan Kyai Semar namun secara hukum dunia raganya tetap terjatuh dari tebing dan raganya hancur terhantam karang yang ada dibawah tebing. Sehingga kalau kita bisa melihatnya dengan Alat keFitrahan manusia, maka tatkala kita melihat wujud Kanjeng Ratu Kidul maka kita akan bisa melihat wujud yang aslinya yaitu tangan kiri cacat dan kaki kiri semper, wajahnya hancur. Tapi anehnya kenapa yang beredar selama ini terekspos berwajah CANTIK. Nah itu adalah ilmu KEMAYAN (Kamuflase) yang diberikan oleh Kyai Semar (Jin langit Sap 4), dan kalau kita masih menggunakan ilmu angkara yang bersumber dari kekuatan setan maupun Jin dibawah kekuatan langit sap 4 tentunya pandangan kita akan terhipnotis oleh ilmu KEMAYAN tadi sehingga dalam melihat wajah Kanjeng Ratu Kidul tetap saja terlihat Cantik.

Kanjeng Ratu Kidul sendiri sekarang hidup di langit sap 3 dimensi dunia setan. Jadi menurut saya Kanjeng Ratu Kidul adalah bukan sebangsa JIN, tetapi 100% manusia yang sekarang telah mati tetapi terjerat di Alam Setan. monggo, kalo kita sudah sama2 mati mungkin baru sama2 menyadari tentang cerita saya ini, bahwa dunia keghaiban sungguh ada.

*Selama ini terjadi kontroversi di masyarakat khususnya yang tinggal di dekat pantai baik dari masyarakat biasa maupun dari kalangan spiritualis tentang pendapat jahat apa tidak sebenarnya Nyai Roro Kidul ini ? Guna untuk mengungkap hal tersebut di atas, penulis telah menemui beberapa orang tokoh spiritualis di wilayah Kabupaten Indramayu untuk dimintai pendapatnya. Berikut ini pendapatnya beliau-beliau ini :*

1. Bapak Wagiman (69 Tahun).
Bermukin di Desa Juntikebon, Blok Kampung Arab, RT 02/02, Kecamatan Juntinyuat.

Menurut penuturan bapak yang pernah menjabat sebagai Komandan Rayon Militer 1615 Haurgeulis (Kotramil 1615 Heurgeulis) dan pernah ikut serta dalam pemberantasan residivis (petrus) di era tahun 80-an bahwa konon Nyai Roro Kidul ini tidak jahat, yang jahat adalah Nyai Blorong.

Konon Nyai Roro Kidul ini isterinya Sunan Kali Jaga yang nomor satu. Sedangkan isterinya yang nomor dua adalah Siti Saroh bermukin di goa Sunyaragi di Cirebon. Isterinya yang nomor tiga adalah SIti Sarah yang bermukim di Kasepuhan Cirebon. Dan isterinya Sunan Kali Jaga yang nomer empat adalah Ibu Imah yang bermukim di Asem Rungkad Indramayu. Konon Nyai Roro Kidul ini memiliki kekuasaan dari mulai selat Sunda sampai ke Selat Bali.

2. Bapak Sudirman (35 Tahun).
Konon menurut pendapatnya bahwan Nyai Roro Kidul ini tidak jahat kecuali para pembantu-pembantunya yakni seperti Nyai Dewi Lanjar dan Nyai Blorong. Masalahnya konon para pembantu-pembantunya tadi melanggar peraturan yang telah dikeluarkan oleh Nyai Roro Kidul. Sedangkan dari Nyai Roro Kidul ada peraturan tidak boleh bersuami. Karena dilarang oleh Nyai Roro Kidul akhirnya mereka pada membangkang. Bapak dari tiga orang anak ini menolak pendapat tentang Nyai Roro Kidul ini isterinya Sunan Kali Jaga, melainkan Cuma sebatas persaudaraan saja.

3. Bapak Kiyai Hasanuddin.
Konon Nyai Roro Kidul ini menurut penuturan bapak yang dikenal sebagai seorang Kiyai dilingkungannya ini tidak jahat, tergantung orangnya “Diibaratkan kita kenal orang Cina, kalau kita berhubungan masalah agam kemudian menghina otomatis Anda tentunya merasa jengkel. Kalau berhubungan dagan / bisnis tidak apa-apa” ujar tokoh spiritualis yang memiliki kepiawaian memanggil burung Walet ini pada penulis ditempat tinggalnya yang sejuk.

4. Bapak Sumianto.
Menurut pendapat bapak Sumianto, Nyai Roro Kidul ini tidak jahat kecuali Nyai Blorong. Konon Nyai Blorong ini merupakan anak angkatnya Nyai Roro Kidul. Asal mulanya Nyai Roro Kidul ini menemukan sebutir telur. Kemudian setelah dirawat menentas menjadi Nyai Blorong ini. Konon menurut pendapat bapak tiga orang anak ini, Nyai Roro Kidul sebenarnya bukan siluman melainkan dulunya anak seorang raja. Ada dua versi mengenai asal mulanya Nyai Roro Kidul ini.

Versi yang pertama, ada seorang raja yang bernama Munding Wangi memiliki dua orang isteri. Isteri mudanya konon jahat sampai-sampai isteri tuanya dibuat sakit sehingga tubuhnya pada borokan. Akhirnya isteri tuanya ini diasingkan.

Versi yang kedua, konon kerajaan orang tuanya Nyai Roro Kidul (Prabu Kondang Wangi) diserang oleh musuh. Karena tidak kuat melawan musuh para prajurit kerjaan tersebut pada melarikan diri termasuk Nyai Roro Kidul pada waktu itu. Karena terburu-buru puteri raja ini tersesat dan bertemu dengan Naga Raja di lautan. Lama kelamaan setelah digembleng oleh Naga Raja, Nyai Roro Kidul ini akhirnya diangkat menjadi seorang Ratu.

Menurut pendapat bapak Sumianto lagi konon Nyai Roro Kidul ini tidak mempunyai seorang suami, cuman sekedar mencari kesenangan saja. Konon Sunan Kali Jaga merupakan orang yang disenangi oleh Nyai Roro Kidul.

Dari beberapa pendapat para tokoh spiritualis kita bisa mengambil kesimpulan sementara bahwa “Nyai Roro Kidul” tidak jahat, yang jahat adalah para anak buah atau para bawahannya. Tentang benar atau tidak pendapat ini Wallaahu ‘alam bishowab (Hanya Allah yang maha tahu). Terima kasih ..

Wassalam.

"Jadi sekarang sudah pada tau kan Legenda Nyi Roro kidul Ratu Penguasa Pantai Selatan .. ? :)

12 komentar:

  1. menarik.. tapi ttp aj serem nizz.. hehehe.. eh tp niz ibu pernah lhoo mimpiin nyi roro kidul.. pas pagi2 bangun jd merinding sendiri iiihhhh....

    BalasHapus
  2. Hahahaha.... Iyaa juga sih dlu saya anggapnya juga begitu, sekarang aj jadi suka..
    Wah ibu trnyta Horor juga,
    Hati hati bu, nnti di ambil hehe *canda* gg lah ya.. kan cuma Mimpi, gpp..
    Lho kok bisa merinding? di apain aja sama nyi Rokid? .. Hehe

    BalasHapus
  3. ga tua nizz tiba2 bs mimpi si nyi roro kidul aj... merinding krn jd serem ngebayanginnya hahahaha... ga di apa2in kog.. malah terkesan ramah lhoo di mimpi ibu... ibu dipersilahkan masuk ke rumah dia gituh nizz... rumahnya di dasar laut... pdhl sebelumnya ibu ga abis liat nonton ato baca hal yg berhubungan ttg dia... aneh aj.. makanya jd merinding... untung mimpi nya ga serem.... dia nya baiiikkk bgt truzz ramah dan cantik bgt...

    BalasHapus
  4. hahahahahahahaha.....
    amin dah,,, ya kan, berarti bener dund cerita di blog saya klo dia bae.. wah,, bisa jadi tuh bu kenyataan.. tapi gg nyebur ke laut, cmn masuk ke kamarnya yg serba ijo itu lho.. hehehe,,

    hmm... Ooo mungkin ibu cantik itu ketularan dari nyi Roro kidul ya? .. hahahahhaha :D

    BalasHapus
  5. hahahahaa ad2 aj km.. ga ga mungkin lahhh.... klo gituh mah yg jadi ibu malah ngeri sendiri deh nizz... semua kecantikan manusia hanya dari pemberian Allah semata niz... :)

    Alhamdulillah ga pake acara nyebur ke laut segala,, klo iya ibu mah ga bs berenang niz hhaha :)),, tiba2 langsung aj masuk di rumah nya.. tp kamar nya ga keliatan ijo nizz.. soalnya ibu ga di ajak masuk.. seinget ibu di mimpi ibu itu cuman berada di ruang tamu nya gituh deh.. tapi rapi dan bersih.. bagus.. malah ga ada kesan serem nya... tp ttp aj ibu takut krn yg punya rumah nyi roro kidul... iihh jd merinding ngebayanginnya...

    BalasHapus
  6. Hahaha... kan bisa jadi di kasih wangsit sma dia, buat hadiah nnti pulang.. hadiahnya lumayan juga wkakaka,, xD ..
    Hahahaha... betul, betul.. berarti gg usah pke Susuk lagi gitu yak? kan udh Cantik ibunya? ...

    Wkakakaka... jdi dlm mimpi ibu, ibu langsung ada di dalam istananya gitu? wow ... Kerend, ketemu Suzzana gg di sana? ...
    wah berarti ibu org yg beruntung ya bisa mimpiin nyi rokid ^_^.. saya aj yg demen bgt yg namanya Horror sampe skrg blm pernh mimpiin ituan dah.. Mimpiin Suzana yg minta sate aj blm Pernah.. wkkakakaka.. apa lagi kaya gtu, hehehe :D

    BalasHapus
  7. iiihhh nizza... ibu mah malah takut kali... ogah lg dah mimpi begitu.. mending mimpiin cha seung won... hehehe :P

    BalasHapus
  8. Hahahahahahahahaha.......
    Iyaa dah Iyaa Oya kan skrg mlm jumaat, ntran lagi dah cerita seremnya takut ada yg nguping di sebelah.. hehehehe

    wah klo itu sih saya juga mw bu... mimpiin idola kita,, wkakakakaka aaaaa duh ibu aj ada" ... hahaha

    BalasHapus
  9. tolong pendapat2 diatas di hapus(bukan komentar). kalo ga tau apa2 ga usah sok tau!

    BalasHapus
  10. Bukankah roh setiap manusia yg sudah mati tidak dapat bergentayangan lagi? Tadi saya sempat baca bahwa nyi Roro Kidul adalah seorang roh manusia yang terjebak di alam setan, menurut saya setiap roh manusia yang telah meninggal tidak dapat kembali lagi ke dunia ini, jadi bisa dibilang Nyi Roro Kidul adalah sesosok jin

    BalasHapus
  11. Salamun 'ala manittaba'al huda
    Sebutan Syetan itu dinisbatkan kepada sifat-sifat negatif (jahat dll) sedangkan sebutan Jinn dinisbatkan kepada sesuatu yang susah ditembus, dilihat dan bersifat kelistrikan/api.Jika Nyi Roro Kidul itu dikelompokkan kepada Jin memang tepat dan jika dikelompokkan kepada setan belum tentu. Karena sepengetahuan saya beliau itu berkarakter baik, jadi insya Allah bukan syetan.

    BalasHapus
  12. hehehee...annisa...annisa...salam paseduluran utkmu teman kecilku

    BalasHapus